Lebaran Haji Banyak Daging Kambing, Olah Sehat dengan 5 Cara Ini

Lebaran Haji Banyak Daging Kambing, Olah Sehat dengan 5 Cara Ini

--

BABELPOS.ID - Hari Raya Idul Adha dipastikan dipenuhi dengan daging kurban, salah satunya kambing.

Daging kambing sendiri merupakan salah satu favorit masyarakat yang umumnya sering dijadikan satai atau gulai.

Namun, kenikmatan rasa sate kambing sering ditakuti banyak orang karena kolesterolnya. 

Karena itu, sebelum mengolah dan mengonsumsinya, Anda harus memahaminya.

Platform telemedisin Good Doctor dalam siaran pers, Jumat (23/6), memberikan lima tips mengolah dan mengonsumsi daging kambing supaya kesehatan tetap terjaga.

BACA JUGA:Sidak Pasar Tradisional Muntok, Harga Daging Sapi Segini

Pertama, hindari menambahkan santan kental ke dalam olahan daging kambing karena dapat memicu naiknya tekanan darah.

Kedua, hindari menggoreng daging kambing karena dapat menambah kalori dan lemak pada daging kambing. Mengonsumsi makanan digoreng menyebabkan konsumsi minyak jenuh yang tidak sehat dalam jumlah berlebih.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang digoreng dan berlemak mempunyai kemungkinan lebih besar menjadi penyebab asam lambung naik.

Ketiga, Good Doctor menyarankan untuk mengombinasikan olahan daging kambing dengan sayuran seperti tomat, bayam, dan sayuran hijau lainnya serta tambahkan rempah-rempah seperti bawang putih. Kandungan serat di dalam sayuran bisa memperlancar pencernaan dan mengurangi penyerapan kolesterol.

Keempat, pilih bagian daging tanpa lemak seperti bagian tenderloin atau daging has dalam tanpa lemak yang lebih cepat empuk saat dimasak.

BACA JUGA:Idul Adha Banyak Daging, Ini Cara Konsumsi yang Benar

Terakhir, siapkan minuman dan buah-buahan yang membantu menurunkan kolesterol. Teh hijau yang kaya katekin (antioksidan flavonoid) dapat mengurangi penyerapan kolesterol dan meningkatkan kemampuan pembuangan kolesterol lewat feses.

Selain itu, apel juga bisa dikonsumsi karena mengandung pektin, yaitu serat larut yang mampu menurunkan kadar Low Density Lipoprotein atau LDL kolesterol. Buah delima juga cukup ampuh untuk membantu penurunan penyerapan kolesterol dalam darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: