Dukung Penurunan Stunting, Ketua TP-PKK Bateng Kampanyekan B2SA

Dukung Penurunan Stunting, Ketua TP-PKK Bateng Kampanyekan B2SA

Eva Algafry --Sindi/Yandi

BABELPOS.ID, KOBA - Ketua TP-PKK Kabupaten Bangka Tengah sekaligus Bunda PAUD Bangka Tengah (Bateng), Eva Algafry menyampaikan pentingnya mengonsumsi pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA).

"B2SA ini penting untuk mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan dalam memenuhi gizi masyarakat serta mendukung penurunan angka stunting," ujar Eva pada Jumat (16/6/2023).

BACA JUGA:Angka Stunting di Bangka Tengah Tembus 21 Persen, Pemkab Gelar Remuk Stunting

Dikatakan Eva, pihaknya memang sedang gencar melakukan kampanye mengenalkan makanan beragam, bergizi, seimbang dan aman untuk anak-anak.

"Kami sudah menggelar edukasi B2SA bersama anak usia dini yang ditujukan kepada ibu-ibu, karena yang memasak dan membuat menu makanan di rumah adalah ibu. Apa yang dimasak, maka itulah yang akan dikonsumsi oleh anggota keluarga di rumahnya,” terangnya.

BACA JUGA:Atasi Stunting Lewat Pangan Lokal, DPKP Bateng Gelar Sosialisasi KIE

Eva mengajak ibu-ibu untuk lebih selektif memilih makanan yang akan dikonsumsi oleh anak-anak.

"Tolong diperhatikan apalagi untuk jajanan di luar rumah yang banyak mengandung pengawet maupun pemanis buatan. Dijaga, agar makanan yang dikonsumsi anak-anak tetap aman dan sehat,” tuturnya.

BACA JUGA:Sungaiselan Lokus Stunting Tertinggi di Bateng, 38 KK Belum Akses Jamban Sehat

Ia menekankan, makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak harus beragam, bergizi, seimbang, dan aman, mulai dari bagaimana pengolahannya sampai dengan pilihan makanan. "Seperti sayuran yang bisa kita tanam sendiri dan juga bisa bekerja sama dengan KWT setempat," jelasnya.

Menurutnya, untuk menyukai sayuran dan buah memang harus dimulai dari usia dini.

"Terutama pada saat ibunya hamil, lalu menyusui, dilanjutkan MPASI, kemudian usia kanak-kanak hingga sekolah," ujarnya. (*)

BACA JUGA:Jadi Fokus Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi 2022, Bateng Bentuk 6 TPS Kecamatan dan 63 TPS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: