Puluhan Pelaku UMKM se-Pulau Belitung Ikuti Pelatihan Sertifikasi Halal

Puluhan Pelaku UMKM se-Pulau Belitung Ikuti Pelatihan Sertifikasi Halal

Pj Gubernur Suganda membuka pelatihan UMKM se Belitung.--Diskominfo Babel

BABELPOS.ID, MANGGAR - Puluhan pelaku UMKM se-Pulau Belitung mengikuti pelatihan penyelia halal di Kantor Bupati Belitung Timur, Selasa, (13/6). 

Pada pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) yang bekerja sama dengan LPPOM MUI Kep. Babel dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kep. Babel Suganda Pandapotan Pasaribu. 

BACA JUGA:Sukses Ekspor ke USA, Pos Indonesia Fasilitasi UMKM Bangka Belitung

Dalam sambutannya, dirinya mengatakan bahwa pada tahun lalu, Kep. Babel diamanahkan menjadi tuan rumah Kongres Halal International, dan kegiatan itu menghasilkan beberapa resolusi halal, di antaranya meningkatkan percepatan pengembangan industri halal dan pariwisata halal sebagai pilar penting pertumbuhan ekonomi nasional dan global pasca pandemi. 

Salah satunya melalui gerakan bersama menjadikan Indonesia sebagai produsen halal terkemuka dunia mulai tahun 2024. 

"Untuk mencapai hal tersebut, Presiden Jokowi menargetkan 10 juta sertifikasi produk halal di Indonesia di tahun 2024," ungkapnya. 

BACA JUGA:Kunjungan Wisatawan Meningkat Hingga 75 Persen, Firmansyah: Baik Bagi UMKM Basel

Oleh karena itu, pihaknya kedepan akan memfasilitasi sertifikasi halal yang bersumber dari APBD dan DID sebanyak 257 UMKM, yang utamanya sektor rumah makan, catering, rumah potong hewan, rumah potong unggas serta sedikit industri pengolahan. 

Ia juga menyampaikan bahwa sebelumnya Pemprov Kep. Babel juga telah memfasilitasi sertifikat halal bagi 1083 UMKM dalam kurun waktu 2017-2022, dan khusus di Beltim. 

BACA JUGA:BI Babel Bawa UMKM Pangan Belajar Bisnis ke Jabar

Khusus di Beltim, tahun ini telah difasilitasi sebanyak 36 UMKM dan untuk Belitung sebanyak 35 UMKM

"Karena kunci untuk mengendalikan inflasi, salah satunya adalah penguatan di sektor UMKM, dan kita boleh berbangga saat ini provinsi kita merupakan inflasi terendah se-Indonesia," ungkapnya. 

BACA JUGA:Caleg Berperan Majukan UMKM Daerah

Menurutnya, penyelia halal adalah salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh sarana usaha untuk mendapatkan sertifikat halal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: