79 Jamaah Haji Tambahan dari Babel Siap Diberangkatkan 23 Juni

79 Jamaah Haji Tambahan dari Babel Siap Diberangkatkan 23 Juni

Jamaah haji Babel siap berangkat ke Tanah Suci.--Ist

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Salah satu jamaah haji kloter 8 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung atas nama Erieka Saputri Binti Muhammad Jusuf (39th) yang sempat tertunda keberangkatannya ke tanah suci pada 4 Juni 2023 lalu akibat sakit, akhirnya kini telah diterbangkan ke embarkasi Palembang pada, Selasa (13/06/2023) melalui Bandara Depati Amir Pangkalpinang pada pukul 11.00. la didampingi oleh Plt.Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Yuniarto.

BACA JUGA:Kuota Haji Babel Tahun 2023 Ditambah, PJ Gubernur Suganda Ajak Bersyukur

Jamaah haji kloter 8 asal Koba Kabupaten Bangka Tengah itu akan menjalani masa karantina selama 24 jam di Asrama Haji Palembang sebelum resmi diterbangkan menuju Madinah Arab Saudi pada tanggal 14 Juni 2023 pada pukul 17.54 bergabung dengan jamaah haji kloter 16 Palembang.

”Ibu Erika Saputri sebelumnya memang dinyatakan sakit, sehingga keberangkatan kemarin sempat tertunda, namun sekarang beliau sudah dinyatakan sembuh total dan layak terbang sesuai dengan surat yang dikeluarkan oleh pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP),” ujar Ridwan via telepon sore (13/6).

BACA JUGA: Badal Haji, untuk Siapa?

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Babel, Tumiran Ganefo yang ditemui usai menghadiri seminar dan muswil DPW PGMI Babel, Selasa(13/06/2023) siang kemarin di Gedung Asrama Haji Babel, menjelaskan bahwa berdasarkan informasi berkala yang diterimanya dari para petugas haji Babel di Tanah Suci Mekah, kondisi para jamaah haji Babel seluruhnya dalam keadaan sehat sehingga dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan lancar.

“Alhamdulilah seluruh ketua kloter dan pembimbing ibadah haji kita yang ada di tanah suci selalu memberikan laporan secara berkala kepada saya sebagai Kanwil Kemenag, sehingga dari informasi ini dapat kami pastikan bahwasannya jamaah haji asal Babel dalam kondisi sehat walfafiat semuanya dan mampu melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan lancar,” ujarnya. 

BACA JUGA:352 Jemaah Calon Haji Bangka Belitung Kloter Terakhir Resmi Diberangkatkan ke Tanah Suci

Kepada seluruh keluarga dan masyarakat di negeri Serumpun Sebalai, Tumiran juga menyampaikan informasi bahwa saat ini, suhu udara di tanah Arafah tersebut berkisar antara 42 – 45 derajat celcicius atau terbilang panas. 

“Namun para petugas haji juga terus melakukan advokasi kepada seluruh jamaah, seperti untuk tidak melakukan umroh terlalu sering, terutama untuk jamaah haji lansia dan tetap diminta senantiasa menjaga kesehatannya,” ujarnya.

BACA JUGA:Mengharukan, Azrulfani Susul Tunaikan Haji, Berharap Bertemu Kembali dengan Istri yang Meninggal di Madinah

Orang nomor satu di Kanwil Kemenag Babel ini, juga menginformasikan bahwa keberangkatan jamaah haji Babel gelombang II atau jamaah haji tambahan tahun 2023 sebanyak 79 orang akan mulai masuk ke Asrama Haji Babel pada 22 Juni 2023.

Mereka akan menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan dan dokumen keberangkatan haji sekaligus karantina sebelum diberangkat melalui Bandara Depati Amir Pangkalpinang menuju Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

BACA JUGA:Sekda Naziarto Lepas Jemaah Haji Kloter 9 Babel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: