Kelurahan Teladan Menjadi Role Model Pemetaan Kota se Babel

Kelurahan Teladan Menjadi Role Model Pemetaan Kota se Babel

Agustinus W Sahetapy --Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Kelurahan Teladan Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan bakal menjadi role model atau percontohan bagi daerah lain se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam mewujudkan peta kota dan kelurahan secara lengkap.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agustinus W Sahetapy mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk memujudkan peta kota dan kelurahan secara lengkap.

"Jadi Kelurahan Teladan ini adalah kelurahan yang pertama di Bangka Belitung yang dinyatakan lengkap administrasi dalam pertanahan," ungkapnya, Jum'at (09/06).

BACA JUGA:Kelurahan Teladan Jadi Fokus Program PTSL BPN Basel

Pemetaan ini sebagaimana arahan dari pusat yang menargetkan peta kota dan kelurahan lengkap di seluruh Indonesia.

"Jadi yang pertama kali terpetakan ada di Kelurahan Teladan ini," terangnya.

Dikatakan Agustinus, demi mewujudkannya ada beberapa strategi agar target tersebut tercapai, antara lain melakukan Kampanye program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dengan komunikasi publik, ada juga kegiatan pembuatan peta kerja partisipatif, pemasangan tanda batas, dan insentif atau disinsentif.

Selain itu, pelaksanaan fit for purpose dengan pembuatan peta dasar menggunakan drone, identifikasi bidang tanah atau pengukuran mengikat pada peta dasar, lalu pengukuran dan pemetaan komprehensif dengan mengukur pada semua bidang tanah, baik yang sudah terdaftar maupun yang belum.

"Kunci keberhasilan ini juga terdapat pada pemetaan dan pengukuran, karena apabila dalam pemetaan serta pengukuran baik, maka menghasilkan data yang memenuhi secara kuantitas dan kualitas yang akurat," jelasnya.

BACA JUGA:BPN Basel Sukses Sertifikasi Tanah Milik Negara, Dapat Penghargaan Dari TNI-AD

Lebih lanjut, di Kabupaten Basel sendiri masih terdapat 3 kelurahan dan 50 desa dari delapan kecamatan yang harus tersentuh dengan Program PTSL.

"Kita targetkan pada 2024 nanti, semua wilayah di Kabupaten Basel sudah tersentuh program PTSL," ucap Agustinus.

Namun demikian, baru Kelurahan Teladan yang jadi satu satunya se Provinsi Babel menuju kelurahan lengkap, untuk selanjutnya pihaknya akan mengusahakan menjadi kota lengkap.

"Untuk sekarang kita fokuskan di Kelurahan Teladan, dan sisanya kita selesaikan di 2024 mendatang," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: