Tips Memilih SMA atau SMK yang Bagus untuk Anak

Tips Memilih SMA atau SMK yang Bagus untuk Anak

--

BAIK itu anak akan sekolah di SMA maupun SMK, sebagai orang tua pasti ingin anaknya melanjutkan pendidikan di sekolah yang bagus. Untuk mempermudah Anda memilih sekolah yang bagus untuk anak, sebaiknya tahu beberapa tips memilih SMA atau SMK yang bagus.

Informasi mengenai tips-tips ini penting untuk diketahui agar Anda tidak hanya mendapatkan sekolah yang bagus saja tetapi juga sesuai dengan kemampuan anaknya. Sebab, memilih sekolah SMA atau SMK yang bagus itu bukanlah hal yang mudah mengingat jumlah kedua jenis sekolah tersebut sangat banyak. Meski begitu, masing-masing sekolah pasti memiliki keunggulan dan kekurangan.

Inilah beberapa tips tersebut:

1. Sesuaikan dengan Kondisi Finansial Anda

Hal pertama yang harus menjadi pertimbangan sebelum menentukan pilihan adalah sesuaikan dengan kondisi finansial Anda. Apabila Anda memiliki kondisi finansial yang baik bisa menyekolahkan anak di sekolah favorit dengan biaya yang cukup mahal. Akan tetapi, jika kondisi finansialnya biasa-biasa saja sebaiknya pilih sekolah sesuai dengan kemampuan.

Jangan terlalu memaksakan diri untuk menyekolahkan anak di sekolah yang mahal apabila kondisi finansial tidak mendukung. Apabila dipaksakan takutnya di tengah jalan tidak bisa membayar biaya pendidikan sehingga fokus dan konsentrasi anak menjadi terganggu. Jika sudah begini anak menjadi tidak bisa belajar dengan maksimal.

2. Lihat Kualitas Sekolah

Sebelum mengambil keputusan, disarankan untuk terlebih dahulu mencari informasi tentang beberapa sekolah yang akan dipilih. Informasi mengenai hal ini bisa didapatkan dengan bertanya langsung pada teman atau alumni dari sekolah tersebut. Anda juga bisa mencari informasinya melalui internet.

Tujuan mengumpulkan informasi ini adalah untuk mengetahui kualitas dari sekolah tersebut, mulai dari kualitas tenaga pengajarnya, fasilitas yang disediakan, kegiatan ekstrakurikuler yang dimiliki, akreditasi sekolah hingga metode pengajaran yang digunakan.

3. Cari Tahu Fasilitas yang Disediakan Sekolah

Sekolah yang berkualitas pasti menyediakan fasilitas yang sangat lengkap. Fasilitas yang disediakan tidak hanya untuk menunjang pendidikan saja tetapi juga mendorong siswa untuk mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki. Tersedianya fasilitas yang lengkap membuat proses pembelajaran bisa berjalan dengan maksimal.

Beberapa contoh fasilitas yang harus disediakan sekolah adalah ruang kelas yang nyaman, perpustakaan, kantin, toilet yang bersih, laboratorium yang lengkap, berbagai sarana olahraga, dan sebagainya.

4. Memiliki Kegiatan Ekstrakurikuler

Tips memilih SMA atau SMK yang bagus selanjutnya yaitu pastikan sekolah yang dimiliki memiliki kegiatan ekstrakurikuler. Perlu diketahui jika kegiatan ekstrakurikuler itu sangat penting untuk siswa. Dikatakan penting karena bisa memberikan banyak pengetahuan baru, pengalaman, melatih mental dan sebagainya.

Dengan mengikuti salah satu kegiatan ekstrakurikuler maka waktu luang yang dimiliki anak Anda bisa digunakan untuk hal-hal positif. Biasanya setiap sekolah membuka beberapa kegiatan ekstrakurikuler, seperti paskibra, pramuka, PMR, karya tulis ilmiah, jurnalistik dan masih banyak lagi.

5. Pilih Sekolah yang Mudah Diakses

Ketika Anda sedang mencarikan buah hati sekolah, disarankan untuk memilih sekolah yang mudah diakses. Anda bisa memilih sekolah yang lokasinya dekat dengan rumah. Lokasi sekolah yang dekat dengan rumah akan mengurangi risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat di perjalanan.

Selain itu, juga bisa mengurangi risiko untuk terlambat. Lokasi sekolah yang jauh bisa membuat anak kecapekan karena harus pulang pergi sekolah setiap harinya. Jika kecapekan menjadi mudah untuk sakit sehingga tidak masuk sekolah.

Itulah informasi tentang 5 tips memilih SMA atau SMK yang bagus untuk anak. Memilih sekolah tidak boleh sembarangan karena itu berpengaruh pada prestasi dan masa depan anak. Jadi sebelum menentukan pilihan, terapkan tips-tips yang disebutkan diatas.

 

SMA Dwiwarna (boarding school) merupakan salah satu sekolah berasrama terpopuler di Jawa Barat. Sekolah ini dikatakan favorit karena banyak alumninya yang diterima di perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Selain itu, juga banyak yang diterima di Akmil. Akmil adalah sekolah kedinasan untuk lulusan SMA yang berminat untuk menjadi perwira Angkatan darat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: