Syaifullah Asnan Jadi Ketum DPD ATAKI Babel, Siap Sertifikasi Tenaga Konstruksi

Syaifullah Asnan Jadi Ketum DPD ATAKI Babel, Siap Sertifikasi Tenaga Konstruksi

Saifullah Asnan menerima pataka ATAKI dari Ketum Manahara Robert Siahaan.--Abot

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ahli Tenaga Anggota Konstruksi Infrastruktur (ATAKI) Bangka Belitung resmi dilantik. Ketum DPP ATAKI, Manahara Robert Siahaan langsung melantik pengurus ATAKI Babel yang diketuai oleh Syaifullah Asnan.

Ketua Umum DPD ATAKI Babel periode 2023-2028, Syaifullah Asnan menjelaskan ATAKI hadir untuk para pekerja proyek agar mereka tersertifikasi. ATAKI dibentuk sesuai UU nomor 2 tahun 2017. 

"Seluruh tenaga kerja konstruksi wajib punya sertifikat. Ini masalah di kita banyak tukang kita tidak punya sertifikat. Lulusan fakultas teknik sipil wajib mempunyai Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) Konstruksi," ungkapnya.

BACA JUGA:Solusi Sederhana Pj Gubernur Suganda Terkait Polemik _Angel's Wings_

Untuk itu, dia meminta dukungan stakeholder terkait dan pihak Universitas utamanya UBB dan Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung yang diundang dalam pelantikan tersebut.

"Ayo kita kerjakan sama-sama apapun programnya kalau tidak dapat dukungan tidak bisa. Kita harap program pemerintah yang diprioritaskan ini bagaimana kita realisasikan. Semoga kita bisa berkolaborasi, pasang surut ATAKI di Babel tergantung kita semua," ungkapnya. 

BACA JUGA:Kapal Nelayan Muntabak Terbalik Dihajar Ombak Dua Meter

ATAKI Babel juga bekerjasama dengan Balai Wilayah Palembang dalam sertifikasi tersebut. Sertifikat berbagai jenjang akan diupayakan oleh ATAKI Babel realisasinya.

"Saat sekarang perusahaan besar tidak memandang lulusan dan ijazah tapi sertifikasi mana. Sertifikat juga ada beberapa macam, ahli muda, madya dan utama," tuturnya.

BACA JUGA: Bosan Gelap, ke Sini Aja, Nih 3 Negara Tanpa Malam

Hadirnya ATAKI untuk menyikapi kekurangan SDA makanya mereka juga melakukan kerjasama dengan PUPR Provinsi dan Balai untuk sertifikasi mereka. Hampir 1000 sertifikat yang akan direalisasikan namun keinginan masyarakat di Babel kurang. 

"Saya ditantang Balai 500 SKK bulan Mei tapi hanya 161 yang ikut. Balai punya duit kami ingin sertifikasi itu tapi tidak ada orang," tutupnya.

BACA JUGA:Pekan Ini Pembanguan Jalan Antar Desa Kegiatan TMMD Kodim 0431/ BB Bakal Rampung

Sementara, Ketum DPP ATAKI, Manahara Robert Siahaan mengatakan pelantikan hari ini adalah amanah dari Tuhan. Berkaitan pelantikan saat ini diharapkan dapat bekerja melaksanakan amanah kerjasama dengan 2 universitas ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: