Lima Komisioner KPUD Babel Dilantik, Siap Sukseskan Pesta Demokrasi

Lima Komisioner KPUD Babel Dilantik, Siap Sukseskan Pesta Demokrasi

Komisioner KPU Babel yang baru dilantik.--Abot

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Setelah melalui tahapan seleksi mulai 10 Februari lalu, kini 5 nama putra putri terbaik daerah dilakukan pelantikan menduduki komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Bangka Belitung. Pelantikan 5 komisioner KPU Babel ini bersama 101 komisioner KPU 19 Provinsi lain se-Indonesia. 

Pelantikan di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/5/2023) pagi dipimpin langsung oleh ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari. Selain secara luring pelantikan juga dapat disaksikan secara daring dari Youtube KPU RI.

BACA JUGA:Lima Nama Komisioner KPU Babel Periode 2023-2028 Diumumkan, Iskandar: Pilihan Terbaik dari Terbaik

Hasyim Asyari mengambil sumpah 106 Komisioner dari 20 Provinsi di Indonesia. Mereka mengikuti sumpah yang disampaikan oleh Ketua KPU RI dalam pelantikan tersebut.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi tugas dan kewajiban saya sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum provinsi periode 2023-2028, dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila, dan UUD Negara Republik Indonesia 1945. Bahwa saya, dalam menjalankan tugas dan wewenang akan bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur, adil dan cermat demi suksesnya pemilihan umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Tegaknya demokrasi dan keadilan, serta mengutamakan kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia, daripada kepentingan pribadi atau golongan," ucap Hasyim dan diikuti 106 Komisioner KPU Provinsi.

BACA JUGA:Nih Dia Komisioner KPU dari 20 Provinsi Indonesia, Babel Siapa?

Anggota KPU yang dilantik hari ini berjumlah 106 orang yang berasal dari Bengkulu, Jambi, Sumatera Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sulawesi Utara, Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.

Salah satu Komisioner KPU Babel yang dilantik, Deni menyampaikan syukur atas kepercayaan KPU RI dalam mengemban amanah mengawal pesta demokrasi 2024 mendatang. Dia memastikan 5 Komisioner KPU Babel akan bekerjasama dalam pelaksanaan Pemilu mendatang.

"Kami siap bekerjasama dan mengemban amanah dalam pesta demokrasi. Kami tadi dilantik sekitar pukul 10.00 pagi di KPU RI," ungkap Deni ketika dihubungi.

BACA JUGA:Pendaftaran Pencalonan Ditutup, KPU Terima 698 Berkas Bacaleg DPRD Babel

Sebelum berbagi tugas, Komisioner KPU Babel akan mengikuti orientasi kerja selama sepekan. Mereka akan melalui proses awal memperdalam fungsi dan tugas KPU dalam melaksanakan tugas.

"Sebelum menentukan ketua dan Divisi-divisi kita akan menggelar orientasi kerja di Ringdam Jaya," tuturnya.

BACA JUGA:KPU Pangkalpinang Terima 475 Berkas Bacaleg, Tiga Partai Ditunggu 2x24 Jam Input Silon

Sementara, Ketua Timsel KPU Babel, Iskandar mengucapkan selamat atas pelantikan lima komisioner KPU Babel periode 2023-2028. Dia berharap mereka dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab dan menjaga integritas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: