Kabupaten Bangka Terbaik Pertama Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahap I

Kabupaten Bangka Terbaik Pertama Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahap I

Bupati Mulkan menerima penghargaan dari Wakil Mendagri.--Ist

BABELPOS.ID - Kabupaten Bangka kembali membuktikan sebagai Kabupaten dengan tradisi inovasi terbaik se Indonesia. Terbukti dari 14 inovasi yang dikirim dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik lolos seleksi tahap pertama. Jumlah ini merupakan terbanyak se Indonesia. Posisi terbaik kedua di tempati oleh Kabupaten Banyuangi dengan jumlah 13 inovasi.

Hasil tersebut diumumkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada tanggal 11 Mei 2023.

Kompetisi ini merupakan kompetisi pelayanan publik yang diselanggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah Kabupaten/Kota, Provinsi, Kementerian, Lembaga, BUMN dan BUMD seluruh Indonesia. Pada tahun 2023 jumlah yang terdaftar sebanyak 3110 inovasi sedangkan yang lolos tahap pertama hanya 1.381 inovasi.

BACA JUGA:Pemkab Bangka Ikuti Kompetisi Kategori Khusus Inovasi Terbanyak di Indonesia

Ke 14 inovasi yang lolos tersebut adalah Gerakan 1001 Inovasi Untuk Pelayanan Publik Prima, Industri Pangan Berkelanjutan Berbasis Sagu Rumbia: Inovasi Berbasis Halal, Digital dan Integral, Model Terbaik Atasi Ketimpangan Pendapatan Dengan Fokus Peningkatan Pendapatan Masyarakat Berpenghasilan Rendah, Reklamsi Laut, Sekolah Inovasi, Trec Matras Sutra (Tim Reaksi Cepat Melayani Masyarakat Prioritas Dan Suku Terasing), Ransel Si Dora, Abang Timah Untuk Bu Disa (Lahan Bekas Tambang Timah Untuk Budidaya Padi Sawah), Ibu Jari (Inseminasi Buatan Menjangkau Negeri), Kite Pacak (Kegiatan Teknis Penandaan Dan Pencatatan Ternak), Sapi Kurban (Subsidi Usaha Perorangan / Mikro Melalui Kredit Usaha Rakyat Bunga Nol Persen), Emergency Rescue Brigade (ERB), Pendonor Emergency Karyawan RSUD Depati Bahrin (Pendekar RSDB), HARUMI BERSERI (Herbal Untuk Mama Inspiratif, Bersalin Bebas Nyeri).

Bupati Bangka, Mulkan, SH, MH mengapresiasi atas kerja keras dan kerja cerdas Organisasi Perangkat Daerah dalam memproduksi inovasi secara berkualitas sehingga mampu bersiang di level nasional.

“Kami mengapresiasi kepada seluruh organisasi perangkat daerah yang tetap konsisten menjaga tradisi inovasi di Kabupaten Bangka. Tradisi sebagai Kabupaten terinovatif harus tetap dipertahankan terus ke depan. Seluruh OPD harus memiliki komitmen yang kuat untuk melakukan terobosan dalam seluruh aspek penyelenggaran pelayanan publik," jelas Mulkan SH, MH.

BACA JUGA:Pemkab Bangka Raih Kluster Inovasi Terbaik Kedua se Indonesia Tahun 2023

Bupati Bangka juga berharap inovasi Kabupaten Bangka yang lolos tahap pertama ini lolos untuk mengikuti tahap selanjutnya.

“Kita semua berharap beberapa inovasi yang telah lolos dapat terpilih mengikuti tahap kompetisi berikutnya,” harapnya.

BACA JUGA:Target 1001 Inovasi, Pemkab Bangka Gelar Kompetisi Inovasi Kolaboratif

Wakil Bupati Bangka, Syahbudin, S.IP, M.Tr.IP, menyampaikan bahwa Inovasi harus didukung dengan komitmen, kerja keras dan kerja cerdas. Inovasi hanya dapat terbentuk dalam sistem yang sempurna dan tradisi yang kuat.

“Tradisi inovasi yang berkualitas harus tetap pertahankan dan dikembangkan ke depan agar terbentuk tradisi inovasi yang kuat. Oleh karena itu perlu komimten seluruh perangkat daerah untuk membentuk iklim inovasi yang sempurna,” ungkap Syahbudin, S.IP. M.Tr.IP.

BACA JUGA:Akademisi Sebut Inovasi Mikro Kredit Tanpa Bunga Tanpa Agunan Berdampak Bagi Perekonomian Daerah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: