Pemkab Bangka Ikuti Kompetisi Kategori Khusus Inovasi Terbanyak di Indonesia

Pemkab Bangka Ikuti Kompetisi Kategori Khusus Inovasi Terbanyak di Indonesia

Inovasi Kabupaten Bangka yang masuk nominasi lomba nasional.--

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Kabupaten Bangka kembali terpilih sebagai kabupaten terbanyak yang diundang oleh Kementerian Pendaygunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia dalam kategori kelompok khusus dalam kompetisi pelayanan publik.

Penetapan ini berdasarkan pada surat dari KEMENPAN dan RB tanggal 10 Maret 2023 Nomor B/102/PP.00.05/2023 tentang Undangan Sosialisasi Nasional Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2023 Bagi Kelompok Khusus.

Dalam surat tersebut terdapat 4 inovasi Kabupaten Bangka yang di undang untuk berkompetisi di tingkat nasional yaitu: Nyaman Stop Babs (Buang Air Besar Sembarangan) Dibalik Kocokan Arisan “Ibu” oleh Dinas Kesehatan, Ransel Sidora oleh Dinas Kesehatan, ABANG TIMAH UNTUK BU DISA (Lahan Bekas Tambang Timah untuk Budidaya Padi Sawah) oleh Dinas Pangan dan Pertanian, GERBANG LESTARI (Gerakan Pembangunan Melestarikan Lingkungan) oleh Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Bangka.

BACA JUGA:Pemkab Bangka Raih Kluster Inovasi Terbaik Kedua se Indonesia Tahun 2023

Dalam kompetisi ini, Kabupaten Bangka telah meraih 8 kali penghargaan top 99 dan top 45 sei Indonesia secara konsisten sejak tahun 2015 sampai tahun 2022. Posisi terbanyak lainnya ditempati oleh Kabupaten Banyuwangi dengan 5 inovasi yang diundang dalam kompetisi tersebut.

Bupati Bangka Mulkan SH, MH kembali mengapresiasi penetapan Kabupaten Bangka dalam keikutsertaan kompetisi pelayanan publik tingkat nasional.

Penetapan Kabupaten Bangka sebagai jabupaten terbanyak dalam kategori khusus ini menunjukkan Kabupaten Bangka secara konsisten terbaik dalam kompetisi inovasi pelayanan publik sejak.tahun 2015 sampai dengan tahun 2022.

"Kita berharap tahun 2023 ini kita kembali meraih penghargaan pelayanan publik terbaik se Indonesia. Tradisi ini harus kita pertahankan,” ungkap Mulkan.

BACA JUGA:Selamat! Kabupaten Bangka Raih 2 Penghargaan Kemendagri

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka mengharapkan agar inovasi yang telah ditetapkan untuk keikutsertaan dalam kompetisi ini dipersipakan oleh organisasi peangkat daerah secara maksimal untuk meraih hasil terbaik.

“Kita mengharapkan agar inovasi yang telah ditetapkan dalam kategori khusus oleh kementerian ini dipersiapkan dengan sebaik-baiknya untuk menghasilkan prestasi maksimal di tingkat nasional,"  tegas Wabup Syahbudin.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bangka Ir. Pan Budi Marwoto, M.Si menyampaikan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah sebagai koordinator dan fasilitator akan melakukan koodinasi dan fasilitasi dengan OPD terkait untuk mempersiapkan proposal inovasi dan data pendukung yang berkualitas.

“Kami akan memfasilitasi penguatan proposal inovasi yang akan diikutsertakan dalam kompetisi tersebut dan nasional. Targetnya akan menghasilkan proposal inovasi yang berbobot tinggi dan kompetitif," jelas Pan Budi Marwoto.

BACA JUGA:Mulkan Terima Penghargaan Menteri PPN/Bappenas RI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: