Pemkab Bangka Kekurangan Ratusan Guru

Pemkab Bangka Kekurangan Ratusan Guru

Rozali --babel.antaranews.com

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten Bangka, masih mengalami kekurangan guru di semua jenjang dari TK, SD dan SMP mencapai ratusan orang.

"Kekurangan guru sejumlah mata pelajaran yang mencapai 872 orang untuk ditempatkan di lembaga formal karena diketahui ada guru yang pensiun, maupun ada guru yang tidak linier dengan pendidikan," kata Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka, Rozali di Sungailiat, Jumat (5/5).

BACA JUGA:SMAS Setia Budi Bentuk Karakter Guru Lewat Seminar Nasional

Upaya memenuhi kekurangan guru yang terbilang cukup banyak sudah dilakukan. Tahun 2023 pihaknya mengusulkan ke pemerintah pusat untuk melakukan rekrutmen guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 771 orang, sementara yang lulus PPPK tahun 2022 tercatat 235 orang.

"Selain usulan rekrutmen ratusan guru PPPK juga diusulkan penerimaan puluhan guru status PNS dengan harapan kebutuhan guru dapat terpenuhi," jelas dia.

BACA JUGA:Sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka di Bangka Diikuti 60 Guru

Berdasarkan data jumlah guru status PNS di sekolah dasar sebanyak 1.107 orang, PNS di lembaga sekolah tingkat SMP sebanyak 470 orang dan guru status PPPK sebanyak 104 orang.

Sedangkan guru tidak tetap (GTT) dan pegawai tidak tetap (PTT) di tingkat SMP sebanyak 320 orang dan di jenjang sekolah dasar 831 orang, sementara di lembaga taman kanak - kanak jumlah GTT 31 orang dan PTT 81 orang.

BACA JUGA:Begini Cara FKDT & FKPQ Bangka Tingkatkan Kompetensi Guru

Pemenuhan guru di lembaga sekolah sangat urgen guna meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan peserta didik selain ditunjang oleh sarana dan prasarana pendidikan yang memadai.(ant)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: