Soal Perbedaan Lebaran 2023, Ini Kata Bupati Algafry

Soal Perbedaan Lebaran 2023, Ini Kata Bupati Algafry

Algafry Rahman --Sindi/Yandi

BABELPOS.ID, KOBA - Adanya perbedaan hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah antara Pemerintah dan Muhammadiyah, diharapkan Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman tidak dirisaukan masyarakat.

Diketahui, pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah jatuh pada Sabtu, 22 April 2023 melalui sidang isbat penetapan awal bulan Syawal yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) pada Kamis (21/4/2023) sore.

Dalam menetapkan awal bulan Syawal, pemerintah mempertimbangkan dua hal. Pertama, hasil hisab. Hisab merupakan metode atau cara untuk mengetahui posisi hilal.

Sementara tahun ini, PP Muhammadiyah telah lebih dulu menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada Jumat, 21 April 2023 yang menggunakan metode hisab wujudul hilal.

"Semua ini (perbedaan lebaran - red) adalah qodarullah, tidak perlu dirisaukan apalagi bingung," ujar Bupati Algafry kepada babelpos.id pada Sabtu (22/4/2023).

"Cukup kita yakin dengan sesama dan yang kita yakini, jalani saja dan semoga Allah ridho," sambungnya.

BACA JUGA:Jelang Mudik Lebaran 2023, Polres Bateng Siagakan Ratusan Personel dan 5 Pos

Kata dia, masyarakat Bangka Tengah adalah saudara besar yang harus saling toleransi, menjaga dan mari membangun Bangka Tengah lebih baik

"Bagi masyarakat yang menjalankan aktivitas, tetap berhati-hati di jalan, dalam berkendara harus tetap mematuhi aturan dan saling memaafkan," imbuhnya. (*)

BACA JUGA:Kue Lebaran di Bateng Uji Kandungan, Ini Hasilnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: