398 Peserta Ikut Tes Kompetensi CPPPK Kemenag dan IAIN SAS Babel

398 Peserta Ikut Tes Kompetensi CPPPK Kemenag dan IAIN SAS Babel

Teguh Agung Nugroho --Ist

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Kementerian Agama Kanwil Bangka Belitung (Babel) menggelar Seleksi Kompetensi Tambahan bagi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kinerja (CPPPK) tahun anggaran 2022. Kegiatan ini berlangsung di 7 titik sebaran lokasi di 7 wilayah kabupaten/kota se Bangka Belitung. Salah satunya adalah di MTSN Pangkalpinang, Rabu (12/04/2023).

Ketua Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Tambahan CPPPK 2022, Teguh Agung Nugroho, menjelaskan bahwa, peserta seleksi kompetensi tambahan CPPPK 2022 ini berasal dari lingkungan Kemenag sebanyak 357 orang, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddiq (IAN SAS) Bangka Belitung sebanyak 38 orang dan sisanya berjumlah 3 orang yang merupakan peserta dari IAIN melaksanakan tes di luar daerah Babel karena sedang menjalani tugas belajar. Sehingga totalnya berjumlah 398 orang.

Ia bersyukur karena pelaksanaan seleksi kompetensi tambahan CPPK 2022 Kementerian Agama di Bangka Belitung, berjalan dengan tertib dan lancar. Para peserta saling berkompetisi untuk mendapatkan nilai tertinggi dari 2 materi tes berbasis Computer Asissted Test (CAT) yang diujikan. Yakni, Moderasi Beragama Komitmen Kebangsaan, Toleransi Anti Kekerasan, dan Penerimaan Terhadap Tradisi.

BACA JUGA:Imigrasi Pangkalpinang Laksanakan Giat Eazy Passport ke Kemenag Bateng

Pelaksanaan tes ini dibagi dalam sesi-1 pada pukul 08.30 wib – 10.00 wib sedangkan sesi-2 dimulai pada pukul 11.00 wib – 12.30 wib dan sesi-3 pada pukul 13.30 wib – 15.00 wib.

Bobot nilai kemampuan teknis yang ditentukan untuk bisa lolos dalam seleksi CPPK Kementerian Agama Tahun Anggaran 2022 ini adalah test moderasi beragama ini sebesar 40 % dan tes kemampuan teknis sebesar 60 %. Nilai inilah yang nantinya akan dikonfersi sehingga menjadi nilai kemampuan teknis. 

“Untuk jadwal pengumuman hasil kelulusan, mengaku seluruhnya akan menjadi kewenangan Panitia Seleksi Nasional, karena kita di Kanwil Kemenag Babel hanya sebagai panitia seleksi pada tingkat satker/ panitia lokal,” ujar Teguh.

BACA JUGA:Makin Mudah! SK Kenaikan Pangkat Kemenag Bisa Didownload Lewat Aplikasi Ini

Ia juga seraya berharap, melalui Seleksi Kompetensi Tambahan bagi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kinerja (CPPPK) tahun anggaran 2022 ini dapat mengisi formasi yang ada serta mampu menghasilkan sumberdaya manusia yang kompetitif dan unggul, sehingga semakin mampu memberikan kinerja pelayanan yang terbaik dan terdepan bagi kemajuan instansi Kementerian Agama sebagai pengabdian tanpa henti kepada, agama, masyarakat bangsa dan negara. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: