Temui Warga Belitung, Pj Gubernur Suganda Dukung Peningkatan Kesejahteraan Nelayan

Temui Warga Belitung, Pj Gubernur Suganda Dukung Peningkatan Kesejahteraan Nelayan

--

BABELPOS.ID, TANJUNGPANDAN - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu menemui warga masyarakat di pesisir Pantai Tanjung Pendam pada Sabtu (08/04/2023) pagi. 

Suganda berdiskusi santai bersama dengan beberapa kelompok masyarakat yang sedang berkegiatan di pesisir Pantai Tanjung Pendam, mulai dari warga yang sedang jalan pagi, lansia yang sedang senam, hingga nelayan yang akan berlayar mencari ikan

Sembari bertegur sapa dengan warga yang sedang jalan sehat, Suganda juga menanyakan terkait agenda rutin yang kerap diselenggarakan warga sekitar. 

“Disini agenda rutin apa saja? Saya berencana untuk mengadakan acara jalan sehat bersama warga Belitung dengan melibatkan UMKM lokal,” ujar Suganda. 

Menanggapi pertanyaan tersebut, seorang warga mengatakan bahwa salah satu Tokoh Masyarakat Belitung yang juga merupakan Ketua Komunitas Belitung Sehat, Ardiansyah kerap mengadakan kegiatan serupa namun saat ini sudah jarang. 

“Acara jalan sehat tentu akan disambut positif oleh warga Belitung. Utamanya dalam memajukan UMKM,” ujar seorang warga. 

Suganda lanjut menemui kelompok lansia yang sedang senam sehat di Pantai Tanjung Pendam. Mereka tampak antusias menemui Pj Gubernur Suganda. 

“Bagaimana bu kegiatan senamnya, apakah rutin? Mari kita ajak warga Belitung untuk turut meramaikan kegiatan senam pagi agar semua sehat,” ujar Suganda. 

“Setuju pak, mari kita ajak warga Belitung untuk senam kebugaran tubuh bersama lansia. Tentu akan membawa pengaruh baik pada gaya hidup mereka,” ujar seorang warga. 

Melihat respon positif dari beberapa kelompok masyarakat, Suganda memantapkan niatnya untuk menggelar kegiatan jalan sehat di Pulau Belitung. Suganda berharap selain meningkatkan kesehatan jasmani masyarakat, dapat juga mendukung UMKM lokal. 

Sebelum kembali, Suganda juga menemui nelayan yang hendak mencari ikan. Suganda bermaksud untuk mengetahui kesejahteraan nelayan di Pulau Belitung. 

Beberapa nelayan mengeluhkan kurangnya perhatian pemerintah, selama ini mereka telah menerima bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk alat tangkap, namun hal itu tidak lantas menjamin kesejahteraan para nelayan. 

“Kami harap pemerintah juga dapat menjamin kesejahteraan nelayan,” ujar seorang nelayan. 

Suganda menjelaskan jika kesejahteraan nelayan patut diperjuangkan dengan berbagai cara yang dapat didorong oleh pemerintah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: