PLN Babel Pastikan Keandalan Listrik Jelang Idul Fitri 1444 H

PLN Babel Pastikan Keandalan Listrik Jelang Idul Fitri 1444 H

Apel Siaga Keandalan PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung--

Siagakan 773 Personel dan 62 Posko Siaga Keandalan

PANGKALPINANG - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung memastikan seluruh masyarakat menikmati listrik yang andal menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah. 

Hal ini dipastikan dalam Apel Siaga Kelistrikan Ramadan dan Idul Fitri 1444 Hijriyah yang dilaksanakan di halaman Kantor PLN UIW Babel, Rabu (5/4/2023). 

Apel siaga dipimpin langsung General Manager PLN UIW Babel, Muhammad Munief Budiman yang baru menggantikan pejabat sebelumnya Ajrun Karim, dimana apel siaga ini dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia yang dibuka langsung oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo melalui telekonferensi. 

Apel yang bertajuk "Membawa Cahaya Keberkahan, Melayani Pelanggan dan Mengiringi Perjalanan Menuju Kemenangan" ini dihadiri pejabat utama serta sejumlah karyawan PLN Babel di wilayah operasional Pulau Bangka. 

Hadir pula Mantan General Manager PLN UIW Babel Ajrun Karim yang kini menjabat sebagai Executive Vice President di Kantor PLN Pusat. 

General Manager PLN UIW Babel, Muhammad Munief Budiman menuturkan bahwa pelaksanaan siaga Idul Fitri di Bangka Belitung akan berlangsung mulai 15-23 April 2023. Pihaknya menyatakan siap dan komitmen untuk melaksanakan tugas tersebut mulai dari pembangkitan, tranmisi dan distribusi serta pelayanan pelanggan agar masyarakat bisa melaksanakan ibadah di bulan ramadan hingga perayaan Idul Fitri 1444 Hijriyah dengan nyaman dan khusyuk. 

"Kami komit dengan seluruh jajaran untuk bekerja sungguh-sungguh, semoga upaya ikhtiar kita menjaga kesiapan pasokan listrik ini mendapatkan ridho, kekuatan dan barokah dari Allah SWT, sehingga apa yang kita cita-citakan listrik di Pulau Bangka dan Belitung ini insyaallah bisa memenuhi harapan dari seluruh masyarakat," ujar Munief kepada wartawan usai apel siaga. 

Munief mengatakan, guna mengantisipasi keandalan pasokan listrik, pihaknya sudah menjaga memastikan pembangkit-pembangkit berada dalam kondisi siap. Kemudian dari sisi transisi, pihaknya juga sudah menyiapkan posko-posko untuk melakukan pengecekan peralatan agar seluruhnya dalam kondisi berfungsi dengan baik. 

"Kemudian kita juga menyiapkan  gugus posko untuk melakukan pemantauan operasi distribusi untuk memastikan agar pelaksanaan operasi pelayanan kelistrikan itu bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," jelas Munief. 

Munief menyebut, dalam siaga kelistrikan Ramadan dan Idul Fitri 1444 Hijriyah ini pihaknya mengerahkan sebanyak 773 personel yang terdiri dari personil PLN 277 orang dan personil TAD dan Mitra Kerja 496 orang. Kemudian untuk peralatan pendukung sebanyak 54 unit, kendaraan pendukung 51 unit dan material cadang gangguan tersedia dalam jumlah cukup. 

Sedangkan untuk jumlah posko siaga keandalan, lanjutnya, sebanyak 62 posko yang terdiri dari posko siaga pembangkit 22 lokasi, posko siaga transmisi 12 lokasi, posko siaga distribusi 27 lokasi dan posko siaga Icon plus 1 lokasi. 

"Dalam operasi pelayanan kelistrikan kita juga menyiapkan Posko Mudik Idul Fitri 2023 sebanyak 2 lokasi yang tersebar di Pulau Bangka dan Pulau Belitung (Pelabuhan Tanjung Kalian dan Pelabuhan Laskar Pelangi). Dan untuk Jumlah Lokasi VVIP/VIP seperti masjid, kantor pemda, Kantor TNI/Polri, dinas terkait ada 139 lokasi," bebernya.

Selain itu, dikatakan Munief, saat ini kecukupan daya diwilayah Unit Induk Wilayah Bangka Belitung dengan daya mampu 320,3 MW, beban puncak tertinggi 231,93 MW dan cadangan daya 88,37 MW. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: