Gapai ketaqwaan di bulan Ramadhan

Gapai ketaqwaan di bulan Ramadhan

--

PUASA merupakan salah satu ibadah  wajib umat Islam pada bulan Ramadhan, perintah tentang kewajibannya sangat jelas berdasarkan dalil dari Alquran, hadits dan ijma. Semua muslim yang mampu, baligh dan berakal wajib berpuasa di siang hari, kecuali mereka yang sedang ada alasan syar’i seperti, sakit, musafir, haidh dan alasan-alasan syar’i lainnya.

Namun, masih ada juga mereka yang sehat, tidak musafir, tidak sedang haidh tapi mereka tidak berpuasa, bisa saja mereka mungkin pura pura gila atau belum baligh walaupun sudah tua. Padahal bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa, dinamakan juga syahrus shiyam (bulan puasa). Karena pada bulan ini ibadah puasa menjadi ibadah utama.

Dalam Al Quran disebutkan “Wahai orang-orang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian, agar kalian bertaqwa” (QS. Albaqoroh 183). Perintahnya kepada orang beriman agar berpuasa supaya mendapat derajat ketakwaan. 

Puasa merupakan jalan terbaik untuk meresapi nilai-nilai ubudiyah, di mana melalui puasa seorang muslim dididik untuk menundukkan jiwanya dan mengasah kepekaan nuraninya. Puasa merupakan pengaruh terbaik untuk menanamkan benih-benih kasih sayang sesama manusia.

Maka, sejatinya puasa menjadi madrasah ketakwaan bagi seseorang, menjadi tempat belajar keikhlasan, kesederhanaan dan penghambaan diri kepada Allah SWT.

Dengan puasa seharusnya sesorang itu menjadi manusia yang bertaqwa, taat terhadap perintah Allah dan sabar atas segala ujian. Sebagaimana isyarat Alquran surah Al-Baqarah ketika berbicara kewajiban puasa, yaitu “ la’allakum tattaqun,”.

Banyak riwayat yang membahas mengenai keutamaan ibadah puasa Ramadhan sebagai penggugur dosa-dosa yang telah lalu. Puasa menjadi momen bagi seorang hamba meminta ampun atas segal dosa yang dikerjakan selama 11 bulan. “Barang siapa berpuasa Ramadhan dengan landasan iman dan berharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah berlalu akan diampuni.” ( HR. Bukhari).

Mari kita jaga ibadah puasa Ramadan kita yang sudah memasuki hampir separuh Ramadan, Semoga Allah jadikan kita manusia dengan derajat Taqwa. amin....(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: