Antisipasi Arus Mudik, Pemkab Babar Siapkan Buffer Zone Tambahan, Berharap Ini dari Pemprov

Antisipasi Arus Mudik, Pemkab Babar Siapkan Buffer Zone Tambahan, Berharap Ini dari Pemprov

Rapat persiapan arus mudik yang digelar Pemkab Bangka. Barat --Cahyo

BABELPOS.ID, MUNTOK - Memberikan pelayanan bagi pemudik, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat bakal menyediakan tambahan buffer zone untuk kendaraan yang mengantre di Pelabuhan Tanjung Kalian.

Diketahui pada tahun sebelumnya satu buffer zone telah disediakan Pemkab Babar di sebelah ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian dan untuk buffer zone tambahan tersebut bakal berada di Kawasan Batu Rakit.

"Ada dua titik satu di lokasi yang lama dan yang kedua ada di Batu Rakit, nanti ada pengerasan dan sebagainya," ujar Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming, usai Rapat Persiapan Arus Mudik, di OR I Setda Babar, Senin (3/4/23).

Bong Ming Ming menyebutkan dengan adanya buffer zone tambahan, sekitar 1.000 kendaraan bakal bisa tertampung dan mengurai antrean dijalan.

"Totalnya ada dua buffer zone ditambah, ASDP bisa menampung 1.000 kendaraan. Di Batu Rakit kebetulan sudah ada 8 wc umum, dua mushola, dan UKM juga," ucapnya.

Sementara kepada Pemerintah Provinsi Babel, Wabup berharap dapat peduli dengan kegiatan arus mudik, lantaran bukan masyarakat Bangka Barat saja yang mudik namun seluruh masyarakat Bangka Belitung.

"Inikan bukan hanya Bangka Barat saja, tapi kemarin itu ada yang sampai dari Belitung, masyarakat yang lewat Bangka Barat ini kan dari berbagai kabupaten. Sebenarnya bukan kewajiban daerah kita untuk buffer zone ini, namun kita hanya ingin mempermudah dan memfasilitasi para pemudik saja," bebernya.

Karenanya ia berharap Pemprov bisa memfasilitasi sehingga para pemudik bisa nyaman. 

"Kita ada minta bantu untuk pengerasan belum ada juga, minimal WC umum dan fasilitas-fasilitas lainnya yang bisa bantu Bangka Barat. Kirim juga dapur umum atau tenda-tenda istirahat pemudik. Tahun kemarin hanya ada dari BPBD dalam bentuk wc portable kalau yang lainnya ga kelihatan," pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: