Negara-negara Skandinavia Paling Bahagia, Cek Posisi Indonesia Yuk!

Negara-negara Skandinavia Paling Bahagia, Cek Posisi Indonesia Yuk!

Ilustrasi -- disway.id

BABELPOS.ID - Penduduk negara mana yang penduduknya paling bahagia? Nah jika mengacu hasil laporan survei World Happiness Record, ternyata negara-negara dari Skandinavia.

Skandinavia adalah kumpulan negara-negara yang terletak di wilayah utara Eropa yang beriklim dingin seperti, Finlandia, Islandia, Swedia, Denmark, dan Norwegia. 

Negara-negara yang berada di semenanjung Skandinavia ini memiliki sejarah yang berkaitan dekat sehingga mereka berbagi banyak kesamaan budaya. 

Semua negara-negaranya (kecuali Finlandia) berbagi cabang bahasa yang sama yaitu Bahasa Jerman. 

Karena adanya keterkaitan budaya membuat mereka duduk di posisi daftar sepuluh besar negara-negara paling bahagia di dunia?

Terbukti dari tahun 2012 sampai tahun ini, negara-negara Skandinavia selalu masuk ke dalam daftar sepuluh besar negara-negara yang paling bahagia di dunia berdasarkan Laporan Kebahagiaan Dunia (World Happiness Report) yang diterbitkan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (United Nations). 

Apa Rahasia negara-negara Skandinavia terus menduduki tingkatan tertinggi dari tahun ke tahun?

Berikut contoh-contoh hidup sebagai warga Skandinavia:

- Pemerintah di negara-negara Skandinavia terkenal mempunyai kebijakan sosial yang murah hati.

- Layanan publik seperti pendidikan, kesehatan, dan penitipan anak semua dibuat gratis. 

- Seluruh warganya, dari yang berpendapatan tinggi maupun pas-pasan bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas, layanan kesehatan yang terjamin, dan bantuan dalam membesarkan anak-anak mereka.

- Pegawai yang kerja di Denmark berhak mendapatkan total 52 minggu cuti berbayar saat menjadi orang tua baru. Kebijakan ini bukan hanya berlaku untuk penduduk Denmark, tapi siapapun yang bekerja di Denmark.

- Asuransi sosial ini sebagian besar berasal dari pajak pendapatan penduduk. 

- Di tahun 2019, penduduk Swedia rata-rata membayar pajak paling tinggi di dunia, sekitar 50% dari hasil pendapatannya (Di Indonesia, presentase potongan pajak bagi golongan pendapatan paling tinggi saja hanya sekitar 30%). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id