Distangan Babar Pastikan Stok Daging Sapi Terpenuhi Hingga Lebaran

Distangan Babar Pastikan Stok Daging Sapi Terpenuhi Hingga Lebaran

Kabid Peternakan, Dinas Pertanian dan Pangan Bangka Barat, Agung Ari Wibowo--

BABELPOS.ID, MUNTOK - Dinas Pertanian dan Pangan (Distangan) Bangka Barat memastikan ketersedian stok daging sapi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menghadapi Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah aman.

Hal itu disampaikan, Kabid Peternakan, Dinas Pertanian dan Pangan Bangka Barat, Agung Ari Wibowo, Kamis (30/3/23).

"Untuk memenuhi kebutuhan di bulan ramadhan idul fitri insyaallah untuk di Bangka Barat tercukupi," ujarnya.

Agung mengatakan stok sapi potong untuk mencukupi kebutuhan masyarakat kebanyakan didatangkan dari luar Pulau Bangka, lantaran kontribusi dari peternak lokal tidak banyak.

"Pemenuhan kebutuhan itu dilakukan kebanyak dari luar daerah, seperti dari Lampung, Sumbawa, NTB. Karena kebutuhan daging dari teman - teman peternak kita kontribusinya tidak banyak," jelasnya.

Agung menyatakan untuk memenuhi kebutuhan daging menghadapi Hari Raya Idul Fitri pihaknya memperkirakan akan membutuhkan sekitar 300 ekor sapi.

"Untuk Bangka Barat kami estimasi sekitar 300 ekor untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bulan puasa sampai dengan Hari Raya Idul Fitri," ucapnya.

Meskipun zero kasus PMK, Agung menyebutkan pihak masih tetap melakukan vaksinasi kepada hewan ternak, serta juga menghimbau kepada para peternak agar memerhatikan kesehatan hewan dan kebersihan kandangnya.

"Terkait dengan PMK kami sampai hari ini tetap melakukan pengecekan kelapangan dan kebetulan hari ini juga melakukan vaksinasi booster yang pertama , ini sudah tahap ketiga. Kita juga memantau sapi - sapi yang belum divaksinasi," tuturnya. (amd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: