Kemenag Babel Ajak Jadikan Ramadan Untuk Ibadah dan Jaga Kedamaian

Kemenag Babel Ajak Jadikan Ramadan Untuk Ibadah dan Jaga Kedamaian

Tim Rukyatul Hilal Babel memantau di Pantai Penagan.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Program Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun Anggaran 2023 kembali melaksanakan Rukyatul Hilal awal bulan Ramadan 1444H/2023 dengan tema "Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Allah Swt"

Kegiatan ini berlangsung di Pantai Tanjung Raya Penagan Kecamatan Mendobarat Kabupaten Bangka, Rabu (22/03/2023). Ikut dalam kegiatan ini seluruh jajaran pejabat teras di lingkungan pemerintah/ kabupaten/ kota se Bangka Belitung dan perguruan tinggi se Babel, Tim Hilakiah IAIN SAS Babel, BKMG Pangkalpinang dan Pengadilan Agama Bangka Belitung.

Kepala Desa Penagan, Ismail mengucapkan terima kasih karena desanya ditunjuk sebagai salah satu titik pemantauan rukyatul hilal setiap tahun. Kegiatan ini selalu disambut antusias warganya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Babel, Tumiran Ganefo, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik setiap tahun.

 Ia juga menyebut bahwa ini adalah bagian dari tanggungjawab tokoh agama, tokoh masyarakat kepada masyarakat dan umat terkait penetapan 1 Ramadan 1444H dan hari-hari besar Islam lainnya. 

"Allah Swt dalam QS. Albaqarah ayat 183 mengingatkan agar hendaklah bersungguh-sungguh melaksanakan ibadah puasa sebagai kewajiban berpuasa oleh orang-orang beriman. Sebagai ketaatan kepada Allah Swt, Rosul dan Ulil Amri (pemimpin) diantara kalian," ucapnya.

Rukyatul hilal ini menurutnya sebagai langkah memperkuat informasi yang paling tepat bagi masyarakat untuk memutuskan atau berijtihad, sehingga umat tidak bingung dan kehidupan beragama yang damai akan terus terjaga.

Menyambut 1 Ramadan 1444H, orang nomor satu di Kanwil Kemenag Babel ini juga mengajak untuk saling menghormati bersama dan menjaga aktivitas sebagaimana aturan dan etika yang berlaku.

"Agar kekhusyukan selama Ramadan terjaga, di tahun politik 2024 rumah- rumah ibadah tidak boleh menjadi tempat melaksanakan politik praktis meraih kekuasaan demi terwujudnya negeri toyibatun warrobbun ghofur," ujarnya mengamini.

Dr.Ahmad Fadoli selaku Tim Ahli Badan Hisab Rukyat Babel didampingi pihak BMKG Pangkalpinang, Kurniaji menyampaikan bahwa di wilayah Bangka Belitung tinggi hilal sudah mencapai 8 derajat dengan elongasi 9 derajat dan umur bulan 17 jam 43 menit. Artinya secara astronomi sudah memenuhi ketentuan penentuan awal 1 Ramadan 1444H yang jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023.

"Namun karena kondisi alam dengan ditandai awan tebal sehingga pelaksanaan di Pantai Tanjung Raya Penagan khususnya tidak bisa melihat hilal. Tetapi alhamdulilah antusiasme masyarakat untuk ikut menyaksikan kegiatan ini sangat tinggi, Insyallah hal ini juga akan sejalan dengan semangat untuk meraih ridho pahala dan ampunan Allah Swt sebesar-besarnya di bulan suci Ramadan 1444H ini," harapnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: