Sambut Ramadan, Ikamba Batam Gelar Silaturahmi dan Doa Bersama

Sambut Ramadan, Ikamba Batam Gelar Silaturahmi dan Doa Bersama

Silaturahmi Ikamba Batam menyambut Ramadan.--

BABELPOS.ID - Kemeriahan dan suka cita dalam menyambut bulan suci Ramadan bukan dirayakan masyarakat Bangka Belitung dalam berbagai tradisi seperti Ngeruah.

Masyarakat Bangka di luar yang tergabung dalam Ikatan Warga Bangka (IKAMBA) di  Kota Batam juga menggelar kegiatan silaturahmi, perlombaan serta doa bersama, Sabtu (18/03).

Ketua Umum Ikamba, Jupri mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tahunan rutin yang dilaksanakan Ikamba.

"Dengan tujuan mempererat silaturahmi, rasa persaudaraan antar sesama perantauan sekaligus mempertahankan adat istiadat Bangka Belitung," ujarnya, Selasa (21/03).

Berbagai macam perlombaan digelar dengan meriah seperti, lomba pesan berantai, joget kursi stop musik, masukkan paku dalam botol, estafet sarung dan joget balon berpasangan. Kemeriahan ini menambah keakraban dan kekompakan warga Bangka di Batam.

"Setelah itu, kita menggelar acara doa bersama sebagai salah satu cara kita bersyukur atas karunia dan semoga semakin mempererat tali silaturahmi para anggota Ikamba," jelasnya.

Dikatakan Jupri, saat puasa pihaknya juga menggelar acara berbuka puasa bersama, santunan anak yatim piatu serta membagikan sembako bagi warga Bangka yang berhak menerimanya.

"Selain menghormati umat muslim yang sedang berpuasa kegiatan ini juga untuk membangun dan merawat keharmonisan yaitu dengan semboyan Fan Ngin Thong Ngin Jit Jong, Melayu atau Tionghoa itu sama," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Koordinator Kegiatan Ita Mustafa menyampaikan, kegiatan ini selain ajang silaturahmi sesama perantauan juga sebagai menambah keakraban.

"Apalagi kita sesama perantauan jadi mungkin kita penat dengan aktifitas keseharian, jadi perlulah sedikit hiburan salah satunya dengan sesama anggota Ikamba," ujarnya.

"Dalam perlombaan ini banyak sekali hadiah hiburan, seperti perabotan rumah tangga dan sembako, hadiah ini buat seru seruan saja biar tambah ramai dan akrab," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: