Gi Ngerua, Program Pemkab Basel Bersih-bersih Jelang Puasa

Gi Ngerua, Program Pemkab Basel Bersih-bersih Jelang Puasa

Sampah yang berhasil dikumpulkan dalam gerakan Gi Ngerua.--

BABELPOS.ID, TOBOALI - Kebersihan lingkungan menjadi salah satu faktor penilaian sehingga Kabupaten Bangka Selatan (Basel) berhasil meraih penghargaan Adipura 2022.

Demi mempertahankan penghargaan tersebut Pemkab Basel melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mencanangkan program Gi Ngerua "Gerakan Kite Ngeberse Sampah Nyambut Puasa".

Langkah ini dilakukan untuk berbenah menjaga lingkungan Kota Toboali menjadi bersih, indah dan sehat yang melibatkan masyarakat.

BACA JUGA:Menumbuhkan Kesadaran Terhadap Sampah, DLH Basel Sosialisasi ke Pelajar

Plt Dinas Lingkungan Hidup Hefi Nuranda mengatakan, gerakan Gi Ngerua ini merupakan salah satu cara memberikan contoh ke masyarakat terkait kesadaran dalam kebersihan lingkungan.

"Yaitu pengembangan pelayanan prima dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kebersihan," ungkapnya, Jum'at (17/03).

BACA JUGA:Selamat! Toboali Raih Adipura Ketiga

Dalam kegiatan Gi Ngerua ini pihaknya ikut melibatkan Kecamatan Toboali, 3 kelurahan dan pihak sekolah yang berada di sekitar titik lokasi sampah. 

"Dan sudah berlangsung sejak Senin 13 Maret kemarin sampai Jumat 17 Maret 2023 serta para masyarakat di sekitaran lokasi pembersihan," ujarnya.

BACA JUGA:Seribu Orang Peduli Sampah Kumpul di Pantai Nek Aji

Dikatakan Hefi Nuranda, titik lokasi bersih-bersih sampah pada hari pertama yaitu Senin kemarin di TPS RSUD Basel dan Jalan samping TPST Gadung. Hari selanjutnya di depan Al Mawaddah dan Depan Kantor Lurah Teladan Lama, di Jalan Ampera ujung.

"Pada Kamis kemarin kita melakukan bersih-bersih di Jalan Tebing Panjang dan Jalan Bidang Kelinci, dan Jumat ini titik lokasi di Jalan Simpang Kubur Cin sampai dengan SMAN 1 dan Jalan Gang Kapuk," jelasnya.

BACA JUGA:13 Sekolah di Basel Terapkan Inovasi Pengolahan Sampah

Gerakan Gi Ngerua ini sangat efektif untuk bersih-bersih sampah di seputaran Kota Toboali guna terciptanya kota yang bersih dan tertata rapi. Tidak menutup kemungkinan juga jika kegiatan Gi Ngerua oleh DLH Basel dilanjutkan secara terus menerus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: