BI Sinergi dengan Pemprov dan Bulog Gelar Operasi Pasar di Pangkalpinang dan Tanjungpandan

BI Sinergi dengan Pemprov dan Bulog Gelar Operasi Pasar di Pangkalpinang dan Tanjungpandan

--

Untuk Antisipasi Kenaikan Inflasi di Bulan Ramadan dan Idul Fitri 

PANGKALPINANG - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung (KPw BI Babel) bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Bulog menggelontorkan 7,5 ton beras dan komoditas pokok lainnya dalam Operasi Pasar (OP) berupa kegiatan Pasar Murah di Kota Pangkalpinang dan Tanjungpandan, untuk mengantisipasi laju inflasi Bangka-Belitung sehubungan Ramadhan dan Idul Fitri. 

Penggunaan pembayaran digital dengan QRIS juga diperkenalkan pada masyarakat pada OP, khususnya di Kota Pangkalpinang 

Kegiatan Pasar Murah digelar di Terminal Selindung Pangkalpinang pada 13 Maret 2023 dan halaman Gedung Nasional Tanjungpandan pada 14 Maret 2023.  

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Faturachman menyebut, komoditas bahan pangan pokok yang dijual dalam OP di dua kota tersebut antara lain beras 7,5 ton, minyak goreng 1.060 Liter, telur ayam ras 3.250 butir, gula pasir 800 kg, tepung terigu 600 kg, aneka cabai 110 kg, aneka bawang 253 kg dan aneka sayuran 220 kg dengan selisih harga jual dibawah harga pasar.  

Bahkan bagi masyarakat yang membeli dengan menggunakan kanal QRIS, katanya, memperoleh tambahan insentif dari BI Babel berupa gula pasir gratis dengan cara scan QRIS Rp1,-  pada kode QR yang disediakan oleh Bank Indonesia. 

"Kegiatan pasar murah ini merupakan rangkaian kegiatan “Pekan Babel Tanggap Inflasi 2023” terutama dalam menghadapi bulan puasa dan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri tahun 2023 yang berlangsung sejak 11 Maret 2023 hingga 17 Maret 2023," ujar Faturachman, Kamis (16/3/2023).

Dikatakan Faturachman, kegiatan lain pada Pekan Babel Tanggap Inflasi 2023 ini antara lain meliputi panen sayur mayur dan hortikultura di Pondok Pesantren Daarul Iman Kabupaten Bangka, Launching Kelurahan Tanggap Inflasi di Pangkalpinang (Kelurahan Sinar Bulan dan Bukit Besar), peresmian klaster pertanian dan panen komoditas cabai merah di Gantung, Belitung Timur, Pelatihan Penyelia Halal di Kabupaten Belitung, kunjungan UMKM ramah lingkungan, Penguatan Kerjasama Antar Daerah business to business antara Bangka Belitung dan Sumatera Selatan, penyelenggaraan High Level Meeting (HLM) TPID Provinsi Kepulauan Babel, serta sinergi kegiatan dengan QRIS Sinergitas kegiatan OP akan terus diperkuat baik di Kota Pangkalpinang dan Tanjungpandan, maupun di kabupaten lain. 

"Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik, per Februari inflasi kota Pangkalpinang mencapai 4,92% (yoy), sedangkan inflasi Tanjungpandan sebesar 7,34% (yoy). Inflasi Tanjungpandan dalam beberapa bulan ini menunjukan peningkatan seiring dengan antara lain kenaikan harga beras dan tarif angkutan udara," tukas Faturachman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: