Surat Kaleng Tambang Laut Tanpa Ada Sosialisasi Buat Warga Beriga Resah

Surat Kaleng Tambang Laut Tanpa Ada Sosialisasi Buat Warga Beriga Resah

--

BABELPOS.ID, LUBUK BESAR - Warga Desa Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) dihebohkan dengan beredarnya surat kaleng yang mengatasnamakan CV. Tri Dharma Sejahtera terkait penambangan laut yang akan dilakukan mereka.

Diketahui, dalam surat kaleng tersebut mengatakan jika CV. Tri Dharma Sejahtera akan membuka lapangan pekerjaan melalui program tambang rakyat dan akan memberikan satu set alat PIP mini yang dikreditkan ke masyarakat.

Surat tersebut ditanda tangani Kongmen sebagai Direktur Utama CV. Tri Dharma Sejahtera pada tanggal 20 Februari 2023 yang juga menyeret nama PT. Timah didalamnya. 

Salah satu warga Beriga IS (39) mengatakan, jika surat itu sudah beredar luas dikalangan masyarakat lewat pesan Whatsapp.

“Saya dapat dari WA grup. Tiba-tiba ada surat itu, jadi otomatis warga marah,” ujarnya pada Kamis (16/3/2023).

Menurutnya, pihak Pt. Timah maupun pihak CV. Tri Dharma Sejahtera tidak pernah ada sosialisasi sama sekali terkait tambang rakyat atau penambangan laut. 

“Mana pernah mereka sosialisasi, kami tahu saja tidak tentang masalah ini dan malah langsung masuk aja, tidak sopan,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Desa Batu Beriga, Abdul Ghani mengatakan dirinya tidak pernah tahu masalah ini. Bahkan, kata Dia, surat ini sudah 2 minggu membuat resah masyarakat.

“Kami tidak pernah tahu ada aktivitas ini. Kami saja terkejut ada surat ini. Intinya pihak desa tak pernah tahu,” ujarnya.

Kata Dia, jika masyarakat sudah sepakat menolak semua aktivitas tambang laut di Desa Beriga.

“Pihak desa, BPD sudah rapat pada 14 Maret kemarin dan sepakat menolak semua aktivitas tambang di Beriga,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Lubuk Besar, Armansyah mengatakan jika pihaknya tidak pernah menerima laporan terkait akan adanya tambang rakyat disana.

“Permainan isu ini selalu ada. Intinya kami tak pernah ada laporan terkait ini,” ucapnya. (sak/ynd).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: