Kecamatan Toboali Gelar Lokakarya SPM Lintas Sektor

Kecamatan Toboali Gelar Lokakarya SPM Lintas Sektor

Lokakarya SPM Lintas Sektor yang digelar Kecamatan Toboali.--

BABELPOS.ID, TOBOALI - Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menggelar lokakarya mini (Lokmin) lintas sektor tribulanan pertama tahun 2023 tingkat kecamatan, di gedung aula Kecamatan Toboali, Senin (06/03).

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan penggalangan komitmen lintas sektor di Kecamatan Toboali antar Puskesmas Toboali dan Puskesmas Rias.

Camat Toboali Anshori menyampaikan, capaian target serta kendala yang harus diketahui oleh seluruh lintas sektor di Kecamatan Toboali guna menggali permasalahan dibidang kesehatan melalui kegiatan Lokmin ini.

"Artinya kita mempunyai 12 Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang harus kita capai targetnya di bidang kesehatan," ungkapnya.

Hal ini telah menjadi program Pemda melalui inovasi Dinas Kesehatan Basel yang kemudian dilanjutkan oleh Puskesmas juga harus diketahui masyarakat banyak tanpa terkecuali.

"Masyarakat mempunyai hak kesehatan mereka dijamin pemerintah, salah satunya berobat dengan KTP secara gratis dan terkait program UHC maka puskesmas Toboali dan Puskesmas Rias mereka harus tahu," terangnya yang menambahkan, pihaknya juga melibatkan unsur TNI/Polri, Puskesmas Toboali dan Puskesmas Rias, Lurah, Pemdes, sekolah, BPBD dan PKK.

"Karena mereka harus tahu target serta capaian yang sudah ada serta kendala di lapangan seperti apa," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Toboali dr Rudi Hartono menyampaikan, melalui kegiatan ini setidaknya jadi tahu apa yang menjadi kendala di lapangan terkait dengan kesehatan.

"Apalagi pencapaian SPM masih banyaknya terkendala dan dinilai masih rendah," ujarnya.

Dirinya berkomitmen dengan terus berkoordinasi serta mensosialisasikan dengan stakeholder yang terkait agar pencapaian SPM meningkat.

"Semoga 12 SPM yang kita targetkan ini bisa meningkat drastis terutama dibidang kesehatan," tandasnya.

Hadir dalam kegiatan ini unsur Forkopimca lintas sektor Kecamatan Toboali, perwakilan Dinkes Basel, TNI/Polri, Pemdes dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan juga diisi dengan penandatanganan komitmen bersama pencapaian target 12 SPM antar Puskesmas Toboali dan Puskesmas Rias. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: