Kursi Wabup Bateng Belum Juga Terisi, Maryam Dorong Segera Lakukan PAW

Kursi Wabup Bateng Belum Juga Terisi, Maryam Dorong Segera Lakukan PAW

Ilustrasi --

BABELPOS.ID, KOBA - Kursi Wakil Bupati Bangka Tengah (Bateng) hingga kini masih kosong, sejak Herry Erfian mengundurkan diri dan memilih jabatan Pergantian Antar Waktu di Dewan Perwakilan Daerah (DPD). 

Diketahui, ada dua nama calon Wakil Bupati Bangka Tengah yakni Muhammad Irham dan Era Susanto yang diusulkan tujuh partai koalisi pemenang pilkada. Tujuh partai tersebut yakni Nasdem, Golkar, Gerindra, PPP, PKS, PAN, dan PKB.

Kekosongan kursi Wakil Bupati Bateng ini turut ditanggapi Anggota Komisi I DPRD Bangka Tengah, Maryam yang ikut mendorong agar proses pemilihan Pengganti Antar Waktu (PAW) Wakil Bupati Bangka Tengah dilakukan sesegera mungkin.

"Kita ini juga bagian dari masyarakat yang menunggu Wakil Bupati Bangka Tengah terpilih, entah siapapun itu orangnya," ujar Maryam, Rabu (1/3/2023).

BACA JUGA:Rekomendasi Nama Bakal Calon PAW Wabup Bateng, Algafry : Golkar Hanya Akan Menunggu

Ia pun berharap agar proses pemilihan Wakil Bupati Bangka Tengah bisa secepatnya dilaksanakan, karena sudah tidak ada lagi masalah teknis, apalagi kedua calon wabup pun sudah menyampaikan berkas-berkas persyaratannya.

"Artinya sudah tidak ada kendala teknis, jadi kita harap yang ditugaskan untuk mengkaji ini bisa segera menyelesaikan prosesnya, apalagi dari pihak Bupati Bangka Tengah sendiri sudah menyampaikan nama Cawabup tersebut sejak Desember 2022 lalu," tuturnya.

BACA JUGA:PKB Rekomendasikan Irham Bakal Calon Wabup Bateng

Kata Dia, ini juga menjadi peringatan keras, karena posisi wakil bupati ini juga menyangkut hak masyarakat.

Bahkan, kata dia apabila ada pihak-pihak yang merasa dirugikan, khususnya para calon, maka mereka juga mempunyai hak untuk mempertanyakan proses itu.

"Menjabat wakil bupati ini juga kan ada ketentuannya. Kalau dalam 18 bulan sebelum Pilkada tidak ada yang terpilih, maka jadinya nanti tidak ada Wakil Bupati di Bangka Tengah," terangnya.

BACA JUGA:Kursi Wabup Bateng Masih Kosong, Baru Satu Nama yang Masuk

Ia mengatakan, selaku anggota DPRD Bangka Tengah dirinya sangat mendukung teman-teman sesama anggota DPRD yang tergabung dalam kepanitian PAW Wabup Bangka Tengah tersebut.

"Apa kendalanya disampaikan, biar terbuka, karena kami juga sampai dengan hari ini sebagai anggota DPRD Bateng mempertanyakan apa kendalanya supaya kalau ditanya masyarakat, kami juga bisa menjelaskan," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: