Ini Rangkaian Peringatan HUT Basarnas ke-51 di Pangkalpinang

Ini Rangkaian Peringatan HUT Basarnas ke-51 di Pangkalpinang

Penanaman mangrove memperingati HUT Basarnas ke-51.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang memperingati HUT Basarnas ke-51. Rangkaian kegiatan digelar sejak Rabu (22/3) hingga hari puncak peringatan di tanggal 28 Februari 2023. Selain itu juga beberapa rangkaian kegiatan lain akan digelar dalam HUT Basarnas kali ini.

Kepala Kantor SAR Pangkalpinang, I Made Oka Astawa, mengatakan sejak kemarin digelar kegiatan donor darah. Kemudian dilanjutkan pada Kamis (23/2) siang penyebaran benih ikan dan penanaman mangrove. 

"Ini rangkaian ulang tahun Basarnas ke-51. Hadir juga beberapa stakeholder bekerja sama dengan PLN, pecinta lingkungan, Pemprov, Pemda dan instansi vertikal," jelas Oka.

Pihaknya menanam 300 bibit mangrove dia berharap agar dapat tumbuh di Pantai Tanjung Bunga, Pangkalpinang. Dia juga berharap dengan yang sudah ditanam dapat tumbuh sekitar 40-70 persen. 

"Hasil tanaman ini kita harap tetap diawasi. Pihaknya juga melepas sebanyak 2000 ikan endemik dan native Babel di kolong Sepritus Pangkalpinang," katanya.

Peringatan HUT Basarnas ke-51 ini mengangkat tema 'Tanggap Cepat Selamatkan Jiwa' yang dinilai relevan dengan lingkungan dan bumi.

"Kami bekerjasama dengan yayasan ikan endemik. Dan kita harap dapat menjaga kelestarian dan berlangsungnya hidup ikan endemik yang habitatnya mulai langka," tuturnya.

Ikan yang dilepas seperti kelinca, seluang, betok, baong, sepat dan lainnya. Pihaknya sengaja melepas bibit ikan ini agar kedepan para penerus tahu bahwa ikan-ikan yang asli di Bangka Belitung seperti apa. 

"Sehingga nanti kedepan alam tetap lestari anak cucu kita mengetahui ikan apa saja yang ada di Bangka Belitung ini," tuturnya.

Kakansar beserta rombongan juga melepas liar enam ekor kura-kura di Kolong Sepritus.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: