Hasil Lab Perubahan Air Laut Pasir Kuning jadi Hijau Belum Keluar

Hasil Lab Perubahan Air Laut Pasir Kuning jadi Hijau Belum Keluar

Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Barat--

BABELPOS.ID, MUNTOK - Sempel perubahan warna air laut Pantai Pasir Kuning, Kecamatan Tempilang, Kabupaten Bangka Barat, berubah warna menjadi hijau tua hingga ini hasilnya belum keluar.

Diketahui, sampel tersebut telah diambil pada awal bulan Desember 2022 lalu.

Plt. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Barat, Chandra mengatakan sampai sekarang ini juga pihaknya belum mendapat tembusan dari hasil laboratorium.

"Kita belum dapat infonya karena dari laboratorium mereka itu belum ada di info ke kami. Minggu ini rencana kami akan kesana, sekalian diskusi berita acaranya apa penyebabnya, disitula nanti mereka kasih tau ke kita," ungkap, Chandra, Jum'at (17/2/23).

Sementara ini, penampakan perubahan warna air laut Pantai Pasir Kuning, Kecamatan Tempilang, berubah warna menjadi hijau tua diduga tercemar limbah tambak udang.

Mengenai hal itu, Chandra mengungkapkan kewenangan perizinan tambak maupun lainnya berada di Provinsi dan pihaknya hanya sebagai pendamping saja.

"Provinsi yang memiliki kewenangan kami cuma diminta pendampingan saja. Kami akan coba dalami lagi ke kementrian, kenapa tambak itu berada di kita, nah sementara walaupun sumber airnya di laut tapi kan dia pengaruh juga," jelasnya.

Selain itu, Chandra mengungkapkan berdasarkan dari hasil survei anggotanya dilapangan juga mendapatkan sumur warga, yang airnya terasa asin.

"Berdasarkan hasil dari anggota, sumur warga itu kalau di permukaan nggak terasa asin ya, tapi kalau sudah di sedot dengan mesin pompa dibawah itu asin, jadi karena hasil survei anggota bahwasanya, diambil sampel air sumur masyarakat," tuturnya. (amd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: