Menumbuhkan Kesadaran Terhadap Sampah, DLH Basel Sosialisasi ke Pelajar

Menumbuhkan Kesadaran Terhadap Sampah, DLH Basel Sosialisasi ke Pelajar

Sosialisasi sampah kepada pelajar yang digelar Dinas Lingkungan Hidup Basel.--

BABELPOS ID. TOBOALI - Minimnya tingkat kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan masih harus diperhatikan, tentunya hal ini masih harus menjadi Pekerjaan Rumah (PR) tersendiri untuk Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka Selatan (Basel).

Untuk meningkatkan kesadaran dalam membuang sampah pada tempatnya, DLH Basel melalui Kepala Bidang Persampahan Agung Prasetyo melakukan kunjungan ke Sekolah Dasar Negeri (SDN) 10 Toboali kecamatan Toboali, Kamis (09/02/2023)

"Kegiatan ini kita laksanakan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPN) tahun 2023 dengan mengusung tema "tuntas kelola sampah masyarakat sejahtera," ujar Agung.

Dijelaskannya, DLH Bangka Selatan selama ini sudah menciptakan berbagai inovasi terkait penanganan sampah, mulai dari budidaya magot, mari menabung pakai sampah, sosialisasi pengelolaan sampah, dan pendistribusian sampah di Himpang 5 Toboali.

Karena itu pihaknya kali ini melaksanakan sosialisasi menyasar para pelajar mulai dari SD hingga SMA.

"Kita mulai dari sekolah, kita tingkatkan kesadaran terhadap sampah," ujar Agung.

Selain itu, DLH Basel juga mengajarkan bagaimana cara mengelola sampah, memilah sampah mulai dari organik dan anorganik.

"Tentunya peran serta orang tua, guru dan kesadaran para anak anak itu sendiri, sehingga kesadaran dengan tidak membuang sampah secara sembarangan semakin baik," ungkapnya.

Agung menambahkan, masalah persampahan ini harus dikerjakan dengan sistematis, menyeluruh dan berkesinambungan sehingga secara perlahan sampah bisa teratasi dengan baik.

Selain sosialisasi ke pelajar, pihaknya juga memberikan piagam penghargaan, serah terima gerobak sampah dan peminjaman keranjang sampah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: