Komitmen Bayar Zakat Profesi Lapas Kelas IIA Pangkalpinang Diganjar Penghargaan Baznas

Komitmen Bayar Zakat Profesi Lapas Kelas IIA Pangkalpinang Diganjar Penghargaan Baznas

Penyerahan penghargaan dari Baznas Kota Pangkalpinang kepada Lapas Kelas IIA Pangkalpinang.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pangkalpinang, memberikan penghargaan atas komitmen sinergi program pembinaan masyarakat nelalui optimalisasi zakat pegawai Lapas Kelas IIA Pangkalpinang

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Ketua Baznas Kota Pangkalpinang, Muhammad Kurnia kepada Kepala Lapas Kelas IIA Pangkalpinang, Badarudin yang diwakili oleh Adam Riwansyah selaku Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik Lapas Kelas IIA Pangkalpinang. Acara ini berlangsung di Kantor Lapas Kelas IIA Pangkalpinang, Jumat (03/02/2023). 

Ketua Baznas Pangkalpinang didampingi M. Samsir selaku Wakil Ketua I, Yusril HZ Wakil Ketua II, Ahmad Rodiansyah Wakil Ketua III serta Hariadi Wakil Ketua IV, mengapresiasi Kalapas Kelas IIA Pangkalpinang, Badarudin beserta seluruh jajarannya yang selama ini telah berkomitmen penuh mendukung program Baznas Kota Pangkalpinang, khususnya dalam bidang pengumpulanan dana zakat profesi.

“Lapas Kelas IIA Pangkalpinang ini juga merupakan lembaga pertama yang membuat MoU sejak awal di kepengurusan periode 2022-2027 ini,” sebut Kurnia.

BACA JUGA:Baznas Pangkalpinang Ajak UPZ Sinergi dan Maksimalkan Potensi Zakat

Ia berharap ke depan kerja sama ini akan meningkat lebih baik, sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan untuk mencerdaskan kualitas sumber daya manusia dan mensejahterakan para mustahik (penerima manfaat yang berhak menerima zakat) di Kota Pangkalpinang.

Ia juga berharap langkah mulia yang sudah sukses dilakukan oleh Lapas Kelas IIA Pangkalpinang ini dapat diikuti jejaknya dan memotivasi lembaga-lembaga lainnya untuk mengajak kepada para jajarannya sebagai muzaqi (wajib zakat) dalam membayar zakat.

Sampai Januari 2023, Baznas Kota Pangkalpinang telah menerima penghimpunan dana zakat sebesar Rp.185.000.000. Dana ini salah satunya juga dihimpun dari zakat para pegawai yang berada di instansi-instani pemerintah termasuk Lapas Kelas IIA Pangkalpinang.

“Pertumbuhan zakat instansi ini sudah mencapai 45 – 50 persen, namun kami tetap optimis ini akan terus naik hingga mencapai sesuai target yang sudah kita tentukan sebesar 80 persen atau dengan nilai 4,1 milyar rupiah di tahun 2023,” harap Kurnia.

BACA JUGA:Libur Sekolah, Baznas Pangkalpinang Khitan 101 Anak Keluarga Dhuafa

Kepala Lapas Kelas IIA Pangkalpinang, Badarudin melalui Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik, bersyukur lantaran telah ikut terlibat bekerja sama dengan Baznas Kota Pangkalpinang untuk menghimpun dana zakat profesi yang ada di lingkungan Kalapas Kelas IIA Pangkalpinang.

“Ini adalah salah satu komitmen kami ikut aktif berpartisipasi menyalurkan zakat profesi melalui Baznas Kota Pangkalpinang. Insyaallah komitmen ini dapat kami jalankan dengan istiqomah sebagai ibadah dan syukur atas rezeki yang sudah Allah SWT berikan dengan cara membersihkan harta melalui pembayaran zakat, sehingga dapat membantu meringankan beban para mustahik yang memang berhak menerimanya,” ujar Adam.

BACA JUGA:Optimalisasi Zakat ASN Pemkot, Baznas Bimtek Unit Pengumpul Zakat

Lapas Kelas IIA Pangkalpinang memberikan amanah untuk penyaluran dana zakat ini melalui Baznas Kota Pangkalpinang sebagai salah satu lembaga resmi pengumpul zakat yang amanah, professional dan akuntabel, yang telah ditunjuk oleh pemerintah berdasarkan ketentuan Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: