Kabur, Bandit Kotak Amal Nyaris Bonyok

Kabur, Bandit Kotak Amal Nyaris Bonyok

--

PANGKALPINANG, BABELPOS.ID - Sarman (32) pendatang asal Kabupaten Blora Kecamatan Cepu Provinsi Jawa Tengah nyaris babak belur dihakimi massa.

Sarman yang mengaku tinggal di Desa Teru, Kabupaten Bangka Tengah ini diduga hendak mencuri kotak amal di Masjid Al Ikhlas Tua Tunu pada Jumat (13/1/2023).

Peristiwa pencurian ini juga dibenarkan Kapolsek Gerunggang, Iptu Suhendar. Saat ini pelaku sudah diserahkan ke Polresta Pangkalpinang guna proses lebih lanjut.

"Ya benar, pelaku kita amankan dan sudah diserahkan ke Polresta Pangkalpinang untuk menghindari amukan massa," ungkap Suhendar kepada babelpos.id, Jumat (13/1/2023) siang.

Suhendar menjelaskan, awalnya sekitar pukul 09.10 WIB, warga setempat sempat melihat pelaku masuk ke masjid. Tak lama kemudian, pelaku keluar dan berpura-pura menyapu di luar masjid.

Setelah itu, kata Suhendar, diduga pelaku melihat kotak amal yang berada diteras masjid dan membawa kotak amal tersebut ke dalam masjid.

"Melihat aksi gerak-gerik pelaku yang mencurigakan, seorang saksi memanggil masyarakat yang berada di sekitar masjid memberitahukan bahwa ada orang asing yang membawa kotak amal masjid ke dalam. Setelah itu msyarakat yang berada disekitar masjid mendatangi terduga pelaku dan menanyakan dimana kotak amal tersebut, namun diduga pelaku melarikan diri, akan tetapi berhasil ditangkap warga dan diserahkan ke Polsek Gerunggang," terang Suhendar.

Lanjut Suhendar, saat diamankan di polsek, pelaku pun sempat dua kali mencoba melarikan diri. Khawatir akan amukan massa, katanya, pelaku kemudian diserahkan kepada pihak Satuan Reserse Kriminal Polresta Pangkalpinang.

"Sementara untuk uang yang ada di dalam kotak amal, masih utuh, cuma kotaknya saja sudah bergeser dari luar ke dalam masjid," katanya.

Selain berhasil mengamankan pelaku, ditambahkan perwira balik dua ini, turut pula diamankan barang bukti berupa sepotong besi panjang ukuran 20 sentimer, kopiah hitam milik masjid dan kotak amal berisi uang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: