10 Ribu Benih Kopi Ditanam, Bateng Siap jadi Sentra Kopi

10 Ribu Benih Kopi Ditanam, Bateng Siap jadi Sentra Kopi

--

BABELPOS.ID, NAMANG - Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) mendapat penyaluran 10.713 benih kopi robusta varietas Propelegitim dari Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan tanam bersama di Pondok Pesantren Raudatul Mualimin Desa Jelutung, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Rabu (11/1/2023).

"Alhamdulillah kita dapat dukungan dari BBP2TP Bangka Belitung berupa benih kopi robusta varietas Propelegitim yang sudah bersertifikat," ujar Bupati Bateng, Algafry Rahman kepada babelpos.id.

Dikatakan Algafry, ini merupakan upaya menghijaukan lahan di Pesantren dengan tanaman produktif untuk konservasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Ke depan kita harapkan masyarakat dapat memelihara dan menumbuh kembangkan benih ini di pesantren, sehingga bukan hanya aktivitas belajar tauhid, tetapi juga mampu mengembangkan bertani kopi," ucapnya.

Algafry juga mengungkapkan pada tahun 2023 ini, pihaknya mendapat dukungan seluas 100 hektar untuk pengembangan benih kopi.

"Pengembangan kopi ini akan terbagi di beberapa Kecamatan yang ada di Bangka Tengah, misalnya di Bukit Pading, Lampur dan Melabun, yang mana wilayah tersebut merupakan sentra-sentra penghasil kopi di Bangka Tengah," terangnya.

Ia menuturkan, barista-barista di Bateng telah bertemu dan melakukan racikan kopi di hadapannya.

"Tunggu saja tanggal mainnya, Bupati Bateng juga akan melakukan racikan kopi yang luar biasa," candanya.

Sementara itu, Kepala BBP2TP Bangka Belitung, Fery Fahrudin Munier menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Bateng yang telah bekerja sama meyukseskan program penanaman benih kopi.

"Permintaan benih kopi di Bangka Tengah sangat luar biasa, bahkan kita kewalahan, tapi tentu tidak apa-apa dan prosesnya tahap demi tahap," ucapnya.

Ia berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan minat petani untuk membudidayakan tanaman kopi, sehingga mampu menghasilkan kopi dan menjadikan kopi sebagai tanaman unggulan di Kabupaten Bangka Tengah.

"Mohon dukungan untuk pengembangan kopi di Bangka Belitung, khususnya di Bangka Tengah," imbuhnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: