Hadapi Imlek, Segini Stok Bahan Pokok di Babel

Hadapi Imlek, Segini Stok Bahan Pokok di Babel

Fajri Djagahitam--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) Bangka Belitung (Babel) menyatakan sejauh ini ketersediaan bahan pokok menjelang Tahun Baru Imlek pada 22 Januari dalam kondisi aman.

Demikian disampaikan Kabid Pengendalian Perdagangan dan Perlindungan Konsumen, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Babel, Fadjri Djagahitam, Selasa (10/1).

"Berdasarkan laporan rutin dari istributor yang kami terima, ketersediaan bahan pokok kita cukup," katanya.

BACA JUGA:Di Toboali, 1.500 Paket Sembako Murah Disperindag Babel Ludes Terjual

BACA JUGA:Sidak Pasar Pemkab Bateng, Sejumlah Harga Komoditi Naik Jelang Nataru

Diterangkan Fadjri, ketersediaan beras di periode 2-8 Januari 2023 di Babel tersedia 5.698 ton. Kemudian gula pasir dari 14 distributor tersedia 808 ton. Sementara untuk minyak goreng tersedia 547 ton atau liter.

"Dari jumlah ini bisa untuk satu bulan ke depan, cuma tiap Minggu update terus. Artinya kalau dari sekian ton ada berkurang ada penambahan juga, artinya tetap terjaga. Kalau barangnya cukup perputaran rutin, maka stabil. Artinya masyarakat untuk menghadapi lebaran Imlek dipastikan aman," jelasnya.

BACA JUGA:Pasar Rakyat BUMN di Kantor Bupati Bangka Diserbu Warga

BACA JUGA:Pasar Murah Subsidi Pemprov Diapresiasi Bupati Babar

Ia menuturkan, hingga saat ini sebanyak 16 komoditas tersedia dari laporan yang dilaporkan distributor di Babel kepada Disperindag Babel.

"Misalnya untuk stok daging sapi cukup ada 10.035 ton, jadi dipastikan aman untuk daging sapi," ucapnya.

Meski ada cuaca ekstrem, menurut dia, jika melihat stok yang ada saat ini, ketersediaan bahan pokok menghadapi Imlek masih aman.

"Jadikan tidak semua masyarakat mengkonsumsi itu, misalnya daging ayam rasa ada 495 ton, itukan cukup se-Pulau Babel. Walaupun cuaca terganggu, transportasi terganggu, tapi stok ini satu bulan ke depan cukup," ujarnya.

BACA JUGA:Pasar Murah Subsidi di Muntok, Antusias Masyarakat Sangat Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: