Cegah ODOL, Ini Rencana Disperkimhub Babar

Cegah ODOL, Ini Rencana Disperkimhub Babar

Juswardi--

BABELPOS.ID, MUNTOK - Meminimalisir pelanggaran truk Over Dimension Overloading (ODOL) yang menyebakan terjadinya kecelakaan di wilayah Kabupaten Bangka Barat, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Bangka Barat, berencana membangun jembatan timbang.

Terkait rencana itu, Kabid Perhubungan Disperkimhub Babar, Juswardi, mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dishub Provinsi dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Sumsel Babel. Pasalnya, membangun timbang bukan kewenangan kabupaten.

"Kami terus berkoordinasi dengan perhubungan, dan dua tahun terakhir kemarin sempat ada ide dari pihak dishub provinsi akan membangun jembatan timbang dan dari BPTD Sumsel Babel yang ada di Palembang. Kalau timbangan ini adalah provinsi karena timbangan itu lebih efektif dibangun di jalan nasional," ujar Juswardi, Sabtu (7/1/23).

BACA JUGA:Tinjau Posko Nataru di Pelabuhan Tanjung Kalian, Sukirman Sebut Berjalan Dengan Lancar

BACA JUGA:Jelang Nataru, Arus Penumpang Pejalan Kaki Maupun Kendaraan Mulai Meningkat

Ia menyebutkan rencananya jembatan timbangan bakal dibangun di wilayah Kecamatan Kelapa. Namun sampai saat ini  masih terkendala lahan.

"Terkendala lahan, karena kita harus melakukan pembebasan lahan, terus kita membuat dokumennya untuk terkait pembangunan. Insyaallah kami akan terus berkoordinasi ke PTTD karena jalan lintas ini juga, jalan nasional mudah-mudahan," ucapnya.

BACA JUGA:Terima Laporan Warga Jalan Rusak di Muntok, Begini Respon BPJN Babel

BACA JUGA:Parkir di Jalan Menurun, Truk Jalan Sendiri, Lalu Tabrak Kendaraan di Depannya

Juswardi menyatakan Odol sudah menjadi permasalahan nasional. Kementerian Perhubungan juga memprioritaskan Odol untuk diselesaikan.

"Memang agak sulit karena memang odol ini sudah jadi permasalahan nasional, salah satu penyumbang penyebab terjadinya kecelakaan," terangnya.

BACA JUGA:Ruko Kawasan Terminal Muntok Dijadikan Tempat Hiburan, Satpol PP dan Disperkimhub Turun Tangan

BACA JUGA:Jelang Nataru, Disperkimhub Babar Bakal Uji Kelayakan Angkutan dan Siapkan Posko

Sementara itu, mengingat belum adanya jembatan penimbangan, Juswardi mengatakan pihaknya bakal meningkatkan razia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: