KPU Kota Pangkalpinang Umumkan 324 Calon PPS

KPU Kota Pangkalpinang Umumkan 324 Calon PPS

--

PANGKALPINANG, BABELPOS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang mengumumkan sebanyak 324 calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS). Ratusan pelamar ini dinyatakan lulus seleksi administrasi setelah mendaftar melalui Siakba.

Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan, Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Kota Pangkalpinang, Ruslan menjelaskan hingga batas akhir penutupan pendaftaran calon anggota PPS, pihaknya mencatat sekitar 462 orang yang mendaftarkan diri menjadi calon anggota PPS. Namun, dari total pelamar itu ada 324 orang pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Sedangkan 138 orang lainnya dinyatakan gugur karena tidak melengkapi dokumen.

"Ada 324 orang pelamar dinyatakan lulus verifikasi administrasi. Dari total pelamar hingga hari terakhir pendaftaran 462 orang," sebut Ruslan.

Pengumuman ini berdasarkan hasil rapat pleno KPU Kota Pangkalpinang Nomor 01/PP.04.1-BA/l971/2023 tentang Rapat Pleno Penetapan Hasil Seleksi Administrasi PPS untuk Pemilu Tahun 2024 pada tanggal 5 Januari 2023 kemarin. Adapun pendaftar yang gagal seleksi administrasi karena tidak memenuhi persyaratan yang sudah dicantumkan, sehingga otomatis gagal.

Seleksi administrasi telah dilakukan dengan transparan dan akuntabel. Semua pendaftar memiliki kesempatan yang sama dalam tahapan ini, tidak ada yang dibeda-bedakan. Sebelumnya, KPU Pangkalpinang juga memperpanjang masa pendaftaran PPS. Pasalnya, ada enam kelurahan yang ada di empat kecamatan jumlah pendaftarnya belum memenuhi kuota.

"Kita sempat perpanjangan Pendaftaran karena kurang dari dua kali jumlah PPS yang dibutuhkan atau sebanyak enam orang pendaftar," katanya.

Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi para peserta akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni seleksi tertulis. KPU Kota diwajibkan menggunakan sistem Computer Assisted Test alias CAT. Berbeda dengan kabupaten yang bisa memilih menggunakan metode tes tertulis berbasis komputer atau manual.

Rencananya, seleksi tertulis sendiri akan dilakukan selama dua hari, yakni tanggal 10-11 Januari 2023 di Lantai Empat Ruang CAT Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pihaknya akan memulai tes CAT pada pukul 08.30 sampai selesai dengan menerapkan tiga sesi. 

"Jadi per sesi sendiri akan ada sebanyak 54 peserta. Satu hari kita buat tiga sesi untuk mencari perangkingan dan proses wawancara," ujarnya.

KPU Kota Pangkalpinang sendiri masih menerima tanggapan dan masukan masyarakat. Terutama terhadap calon anggota PPS yang telah dinyatakan lulus administrasi secara tertulis.

Pihaknya sendiri berharap para peserta yang dinyatakan lolos nantinya benar-benar memiliki kompetensi. Dengan begitu mereka dapat turut serta menyukseskan penyelenggaraan pemilu serentak pada 14 Februari 2024 mendatang.

Dari total 324 orang calon pendaftar itu nantinya hanya ada 126 orang yang akan dipilih menjadi anggota PPS. Jumlah itu yang akan disebarkan di 42 Kelurahan yang ada di Kota Pangkalpinang. Masing-masing kelurahan akan ditempatkan tiga orang anggota PPS.

Dari setiap kelurahan akan diambil enam orang dengan nilai tertinggi, peringkat 1-3 akan dilantik menjadi anggota PPS. Sedangkan peringkat 4-6 akan ditetapkan sebagai calon pengganti antar waktu atau PAW PPS untuk Pemilu 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: