Panwascam Pemali Buka Lowongan Pengawas Pemilu Kelurahan dan Desa

Panwascam Pemali Buka Lowongan Pengawas Pemilu Kelurahan dan Desa

--

PEMALI - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pemali Kabupaten Bangka bersiap melakukan rekrutmen Pengawas Pemilu Kelurahan dan Desa (PKD). Hal ini ditandai penyebaran spanduk sosialisasi rekrutmen PKD di lokasi strategis disertai silaturahmi dengan enam kepala desa. 

"Kita tadi sudah mengunjungi dan bertemu secara langsung dengan kepala desa se Kecamatan Pemali. Selain silaturahmi juga kita sampaikan bahwa akan digelar rekrutmen PKD dalam waktu dekat," kata Ketua Panwascam Pemali Dedi Damhuri, kepada babelpos.id, Kamis (5/1). 

Ia terangkan, meski petunjuk teknis terkait dengan persyaratan dan tanggal rekrutmen belum keluar, namun pihaknya mulai mensosialisasikan ke masyarakat. Sosialisasi lewat spanduk dalam rekrutmen PKD ini agar masyarakat memiliki kesadaran untuk ikut berparti­sipasi. Khususnya untuk pengawas di tingkat desa dan kelurahan. 

'Nantinya hanya satu orang yang terpilih. Tetapi jika banyak peminat, artinya masyarakat sadar pentingnya pemilu,” tukasnya.

Ia lanjutkan, PKD nantinya akan mem­bawahi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), yang masing-masing jumlahnya juga satu orang per TPS. Oleh karena itu, nantinya per desa akan ada puluhan TPS yang diharapkan PKD tersebut aktif dan gesit dalam bekerja. 

"Terutama untuk laporan yang sifatnya real time," ujarnya. 

Diketahui, berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 mengenai Pemilihan Umum, PKD adalah panitia yang dibentuk untuk mengawasi penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada pada tingkat kelurahan/desa yang berjumlah satu orang di tiap kelurahan atau desa.

Panwaslu kelurahan/desa berkedudukan dan bekerja di kelurahan/desa masing-masing dan secara hierarkis dibawah koordinasi Panwaslu Kecamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: