Warna-warni HAB Kemenag ke-77, Simbol Simpul Kerukunan Umat

Warna-warni HAB Kemenag ke-77, Simbol Simpul Kerukunan Umat

Kepala Kemenag Babel menyerahkan santunan dalam peringatan HAB ke 77 Tahun 2023.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-77, Selasa (03/01/2023) kemarin, terlihat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Para peserta upacara mengenakan salah satu pakaian adat melayu sebagai salah satu ciri khas Bumi Serumpun Sebalai -Propinsi Kepulauan Bangka Belitung- sebagai simbol simpul kerukunan umat beragama sesuai dengan tema HAB tahun ini “Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat”.
 
Warna warni pakaian adat melayu ini sebagai simbol terjaganya simpul kerukunan umat di Bumi Serumpun Sebalai juga dilaksanakan pada seluruh Satuan Kerja Kementerian Agama di Babel. 
 
 
Upacara di halaman Kemenag Babel ini dihadiri oleh seluruh Pejabat Eselon III dan IV juga pegawai Kanwil Kemenag Babel dan Kota Pangkalpinang. 
 
 
 
Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Drs. H. Tumiran Ganefo yang bertindak sebagai Inspektur Upacara menyampaikan amanat Menteri Agama (Menag) yang menekankan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Agama untuk semakin meningkatkan pelayanannya kepada umat tanpa membedakan umat manapun, karena sejatinya ASN itu tugasnya melayani masyarakat.
 
 
Ditegaskan juga bahwa, kerukunan umat adalah prasyarat pembangunan nasional. Dan sebab itu untuk menciptakannya diperlukan stabilitas nasional yang kondusif, dan hanya dapat terwujud bila seluruh umat beragama di Indonesia selalu rukun dan damai.
 
 
 
Dalam pesannya, Menag juga memberikan apresiasi untuk kemajuan kinerja Kementerian Agama, ditandai dengan diterimanya beberapa penghargaan untuk Kementerian Agama pada berbagai bidang pelayanan di tahun 2022 kemarin.
 
Salah satunya prestasi berupa kemajuan dibidang Transformasi Digital, dengan ditandai kehadiran aplikasi Pusaka Super yang merupakan salah satu layanan terbaik milik Kementerian Agama, dan sudah diimplentasikan pada masing-masing satuan kerja baik di tingkat propinsi, kabupaten/kota sampai tingkat kecamatan.
 
 
 
Disampaikannya juga, beragam inovasi digital juga terus dikembangkan dan terbukti semakin memberikan manfaatnya untuk peningkatan kualitas layanan kepada seluruh umat di Indonesia, sekaligus semakin menunjang prestasi di lembaga-lembaga pendidikan di bawah Kementerian Agama baik pada level nasional maupun di level internasional.
 
Kakanwil juga menambahkan pada amanatnya, Dengan mengusung tema Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat ini, ASN Kementerian Agama dituntut untuk terus meningkatkan kinerja pengabdian dan pelayanan kepada seluruh umat beragama di Republik Indonesia tercinta termasuk di Propinsi Bangka Belitung ini. 
 
“Hal ini dikarenakan kerukunan umat merupakan hal yang sangat fluktuatif dan dinamis. Ini menjadi sangat penting dan menjadi tugas kita bersama, terlebih menjelang konstentasi Pemilu 2024,” Katanya.
 
 
 
Kakanwil juga mengimbau, Semangat merawat kerukunan umat ini musti terus digelorakan oleh seluruh ASN dan pegawai Kemenag. Karena ASN Kemenag termasuk di Bangka Belitung harus menjadi simpul kerukunan dan persaudaraan. Jika semua ASN Kemenag memiliki kesadaran seperti ini maka kerukunan, pelayanan kepada umat dan prestasi yang sekaligus mengantarkan Indonesia semakin berkemajuan dan hebat akan dapat terwujud. 
 
 
“Mari jadikan momentum Peringatan HAB ke-77 tahun 2023 ini untuk meningkatkan solidaritas organisasi dilingkungan Kemenag agar semakin berada dalam satu barisan yang kuat dan kokoh, sehingga pelayanan kepada umat dan masyarakat semakin profesional, akuntabel dan berkualitas,” imbaunya.
 
 
 
Keluarga besar Kementerian Agama termasuk di Bangka Belitung bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat terus berkomitmen untuk menjadi contoh terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun damai agar seluruh proses tahapan pemilu 2024 dapat berjalan sukses sebagaimana yang diharapkan bersama.
 
Mengakhiri amanatnya, Kakanwil menjelaskan untuk peringatan HAB ke-77 tahun ini, para pegawai Kanwil Kementerian Agama Propinsi Kep. Bangka Belitung menggelar bakti sosial berupa donor darah, santunan Sembako kepada kaum duafa dan panti asuhan. Menggelar pertandingan olahraga antar Satker di lingkungan Kemenag Bangka Belitung dan anjangsana silaturahmi kepada para tokoh Agama, pendiri dan sesepuh yang pernah mengabdi sebagai pegawai Kementerian Agama di Bangka Belitung, Nganggung bersama sebagai adat istiadat di Bangka Belitung dan ditutup dengan kegiatan jalan sehat. (**)
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: