Kesbangpol Babel Gelar P4GN Award, Ini Para Juaranya

Kesbangpol Babel Gelar P4GN Award, Ini Para Juaranya

Para penerima P4GN Award 2022.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Badan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bangka Belitung sukses menggelar P4GN Award Kepada Kabupaten Kota se - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2022. Acara ini berlangsung di Fox Haris Hotel Pangkalpinang, Selasa (20/12/2022).

Diketahui P4GN adalah program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika.

P4GN Award Bangka Belitung tahun 2022 berhasil diraih oleh Kabupaten Bangka Barat sebagai juara pertama, disusul Kota Pangkalpinang sebagai juara kedua dan Kabupaten Bangka diposisi ketiga. Penyerahan piagam penghargaan dan uang pembinaan oleh Pj. Gubernur Babel Ridwan Djamaludin melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Rofiko H. Mukmin. 

Uang pembinaan ini diharapkan dapat dimaksimalkan untuk pelaksanaan kegiatan P4GN di daerah masing-masing. Nantinya penggunaan uang pembinaan ini akan dimonitoring oleh tim terpadu P4GN Provinsi Bangka Belitung.

BACA JUGA:Kesbangpol Yogyakarta Belajar P4GN ke Pangkalpinang

Dalam kesempatan ini hadir Kepala Badan Kesbangpol Bangka Belitung, Toni Batubara, Kepala BNN Provinsi Bangka Belitung, Brigjen Pol M.Z Muttaqien, Perwakilan Direktur Direktorat Narkoba Polda Bangka Belitung, Perwakilan Korem 045 / Garuda Jaya Bangka Belitung, Perwakilan Lanal Babel, Kepala Kesbangpol 7 Kabupaten/Kota dan Kepala BNN 7 Kabupaten se – Babel, Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Babel, Kepala RRI Sungailiat, Perwakilan Kejati Babel, Unsur Forkopimda Babel dan lainnya.

Kepala Badan Kesbangpol sekaligus Ketua Panitia P4GN Award Babel Tahun 2022, Toni Batubara menyampaikan, kegiatan ini sudah sesuai dengan amanah Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Instruksi Presiden nomor 2 tahun 2020 tentang rencana aksi nasional pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika tahun 2020-2024. 

Permendagri nomor 12 tahun 2019 tentang fasilitasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika, perda nomor 5 tahun 2015 tentang penanggulangan penyalahgunaan narkoba, psikotropika dan zat adiktif lainnya dan Pergub Babel nomor 39 tahun 2018 tentang peraturan pelaksanaan Perda nomor 5 tahun 2015 tentang penanggulangan penyalahgunaan narkoba psikotropika dan zat adiktif lainnya.

BACA JUGA:Gelar Workshop P4GN, Kesbangpol Babel Perkuat Sinergi 2023

Toni Batubara mengatakan P4GN Award pertama kali dilaksanakan di Bangka Belitung dan Indonesia. Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi kepada kabupaten/kota di Babel yang berkomitmen serius melaksanakan program P4GN di wilayahnya.

Toni menjelaskan bahwa, penilaian P4GN Award melalui proses monitoring dan evaluasi di seluruh kabupate/kota sampai kelurahan dan dilakukan dalam 2 tahap sesuai Surat Gubernur Babel Nomor 300 / 0368/Kesbangpol-IV. 

Tahap pertama dilaksanakan sejak Juni 2022 dan tahap akhir pada November 2022 dengan mekanisme penilaian secara terpadu dan intensif terhadap penyampaian visi-misi Kesbangpol 7 kabupaten/kota.

P4GN Award ide awalnya dari Kesbangpol Babel, BNN Babel dan leading sektor Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Prekursor Narkotika lainnya, sebagai penghargaan atas keseriusan kabupaten/kota dalam penanganan kejahatan yang luar biasa ini.

“Makanya, award ini kita harapkan sebagai motivasi lebih baik dalam menangani peredaran dan penyalahgunaan narkoba khususnya di Babel. Termasuk Babar yang telah berhasil menjadi juara P4GN Award Babel 2022 harus menjadi model percontohan yang lebih baik dalam pelaksanaan P4GN bagi daerah lain,“ ujar Toni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: