Puan Maharani Kawal Bantuan Korban Gempa Cianjur Terpenuhi

Puan Maharani Kawal Bantuan Korban Gempa Cianjur Terpenuhi

Ketua DPR RI Puan Maharani- FOTO: Ilust babelpos.id-

KETUA DPR RI, Puan Maharani dinilai sebagai sosok pimpinan yang memiliki kepekaan tinggi terhadap kondisi masyarakat tanah air. Hal ini terlihat, pasca terjadinya gempa di Cianjur beberapa hari lalu, cucu Bung Karno itu bakal mengawal pemberian bantuan dana dari Pemerintah bagi korban gempa.

Menurut politisi PDI Perjuangan itu, pengawalan ini diperlukan agar semua warga mendapatkan haknya.

BACA JUGA: Puan Maharani Maju Capres 2024

“Pengawasan diperlukan agar rumah yang dibangun harus berkonstruksi tahan gempa sehingga warga akan lebih aman tinggal di rumahnya,” kata Puan Maharani dilansir dari tempo.co, Rabu (23/11/2022).

Puan juga mengajak seluruh elemen dari berbagai wilayah bisa ikut bergotong royong membantu percepatan penanganan bagi korban gempa.

“Gotong royong dari wilayah lain seperti dari daerah Jawa Tengah dan DKI Jakarta dapat membantu mempercepat proses penanganan korban gempa, termasuk potensi SAR untuk evakuasi korban dan dari kelompok relawan,” kata dia

BACA JUGA: Raih Gelar Doktor Honoris Causa di Korsel, Puan Maharani Jadi Inspirasi Perempuan RI

Menurut Puan, diperlukan kerja sama berbagai elemen bangsa untuk mengoptimalkan bantuan terhadap korban gempa. Apalagi, kata dia, banyak warga yang mengalami luka berat sehingga bantuan tenaga kesehatan menjadi keniscayaan

“Bantuan tenaga kesehatan dari daerah lain maupun kelompok relawan juga diperlukan mengingat ada banyak korban gempa sehingga membutuhkan ekstra tenaga dan peralatan medis,” ujarnya.

Puan turut menyoroti perlunya tenaga bantuan trauma healing bagi korban. Pasalnya, kata dia, tidak sedikit anak-anak yang menjadi korban.

BACA JUGA: Puan Maharani Ingin Tata Kelola Sepak Bola Nasional Diperbaiki

“Korban lainnya pun cukup banyak yang mengalami trauma akibat mengalami peristiwa memilukan. Trauma healing juga dibutuhkan untuk keluarga yang kehilangan sanak saudaranya,” kata dia.

Ia turut mengingatkan pemerintah untuk segera menyiapkan dapur umum di tempat berkumpulnya korban gempa. Puan juga mengimbau agar penyaluran logistik kepada korban bisa dilangsungkan secara merata.

“Siapkan dapur umum di rumah sakit, posko-posko pengungsian, dan semua daerah yang terdampak gempa. Kebutuhan makanan, susu, dan popok bagi anak-anak juga harus tersedia,” kata Puan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: