Kejar Prestasi Olahraga, Ini Salah Satu Cara yang Dilakukan KONI Babel

Kejar Prestasi Olahraga, Ini Salah Satu Cara yang Dilakukan KONI Babel

Ketua KONI Babel memasang tanda peserta pelatihan fisik dan mental.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Pentingnya kondisi fisik dan mental atlet tampaknya menjadi konsentrasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bangka Belitung (Babel), khususnya menatap prestasi olahraga Babel yang akan datang.

Sebab, dengan kondisi fisik dan mental yang kuat diyakini akan memberikan dampak terhadap penampilan atlet yang maksimal pada kancah kejuaraan yang akan diikutinya kelak, baik itu lokal maupun nasional.

BACA JUGA:KONI Babar Targetkan Seluruh Cabor Ikuti Semua Nomor di Porprov 2023

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, KONI Babel menggelar pelatihan pembinaan kondisi fisik dan mental olahraga bagi 34 pelatih perwakilan masing-masing cabor yang digelar sejak 3-7 November 2022, bertempat di Hotel Grand Vella Bangka. Hadir membuka kegiatan tersebut, Ketua KONI Babel Ricky Kurniawan.

Ketua pelaksana Topan Anggara menjelaskan, bahwa pelatihan pembinaan ini merupakan salah satu program kerja KONI Babel, terutama di bidang pendidikan dan penataran. "Adapun yang mengikuti pelatihan pembinaan ini adalah utusan KONI dari kabupaten/kota, serta induk cabang olahraga yang tergabung dalam keanggotaan KONI Babel," jelas Topan dalam laporannya.

BACA JUGA:Rakerprov KONI, Tekad dan Komitmen Kejar Target Prestasi Olahraga Babel

Dalam pelaksanaannya, diterangkan Topan, utusan KONI kabupaten/kota serta induk cabor mengutus masing-masing pesertanya sebanyak dua orang dengan rincian satu orang untuk pelatihan kondisi fisik dan satu pelatihan mental. "Kita berharap pelatihan ini dapat menghasilkan pelatih-pelatih yang handal dan adil," ungkapnya.

BACA JUGA:Jelang Porprov 2023, KONI Babar Mulai Mendata Atlet

Sementara Ketua KONI Babel Ricky Kurniawan menyambut baik kegiatan ini. Sebab, pihaknya memberikan perhatian penuh terhadap perkembangan olahraga Babel guna meraih prestasi berupa medali baik di kancah nasional maupun internasional. "Tentunya mengharumkan nama daerah," ungkapnya.

Ia meyakini banyak atlet berpotensi di Babel untuk meraih prestasi. Hanya saja terkadang kalah di dua faktor tersebut, kondisi fisik dan mental yang sangat berpengaruh kepada hasil prestasi yang diraih atlet. "Karena fisik terkait dengan kebugaran dan berdampak kepada performa mereka saat bertanding ataupun berlomba," katanya. 

BACA JUGA:KONI Babel Terjepit, Anggaran PON Akan Dipotong Rp7 M?

Fisik dan mental harus seiring sejalan, fisik kuat jika tidak diimbangi dengan mental tentu berdampak kepada peforma. "Seperti kehabisan stamina sebelum bertanding. Oleh karena itu fisik dan mental merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki seorang atlet," ujarnya. 

BACA JUGA:9 Calon Ketua KONI Basel Rebut 30 Hak Suara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: