Alasan Perlu Menggunakan Aplikasi Absensi Online Serta Rekomendasinya
Ilustrasi--
BABELPOS.ID - PADA era serba digital saat ini, perkembangan teknologi semakin membaik. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya aktivitas yang dapat dilakukan dengan mudah karena adanya teknologi. Seperti pada sistem absensi karyawan yang mana sebelumnya menggunakan sistem finger print ataupun tulis kertas, saat ini dapat dilakukan melalui perangkat seluler masing-masing karyawan.
Mengapa Aplikasi Absensi Online Menjadi Sangat Penting?
Faktanya adalah, tidak sedikit yang menganggap bahwa absensi karyawan sebagai hal yang kurang penting untuk diperhatikan, padahal hal ini sangat berperan besar dalam pengendalian kemajuan sebuah perusahaan. Maka, tidak mengherankan jika saat ini masih banyak perusahaan yang menggunakan cara manual untuk mencatat absensi karyawan. Padahal, cara absensi manual memiliki risiko error yang sangat besar.
Dibandingkan alat absensi karyawan konvensional, termasuk fingerprint, aplikasi absensi online karyawan online jauh lebih unggul dan praktis serta lebih detail saat diaplikasikan. Anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya dan waktu, sistem yang telah terintegrasi secara otomatis, dan akurasi data yang bisa diandalkan.
Absensi online ini memungkinkan karyawan untuk melakukan absensi melalui smartphone dimanapun dan kapanpun. Tak hanya itu saja, ini juga menjadi keuntungan bagi perusahaan. Pasalnya, aplikasi absen online juga memiliki beberapa kelebihan yang perlu Anda ketahui sebagai berikut.
1. Akurasi yang Lebih Baik
Absensi manual rentan terhadap kesalahan manusia dan banyaknya waktu yang diperlukan dalam penerapannya. Cukup sering mendengar keluhan dari staf bahwa mereka mendapat data yang salah dari HRD, seperti data absensi yang tidak akurat. Ketidaktepatan semacam ini akan berdampak pada perhitungan gaji, yang pada akhirnya akan berdampak buruk bagi semua orang, khususnya kerugian dalam perusahaan.
Oleh karena itu, banyak pemilik bisnis yang mulai menggunakan sistem absensi online, karena dianggap cukup banyak manfaatnya. Dengan itu, pekerjaan HRD akan lebih mudah diatur dan mengurangi kesalahan manusia. Data dan informasi dari HRD akan lebih akurat.
2. Lebih Efisien
Mengelola data kehadiran secara manual sangat memakan waktu. Mungkin tidak masalah jika perusahaan Anda memiliki karyawan tidak lebih dari 20 orang. Namun bagi mereka yang memiliki ratusan bahkan ribuan karyawan, itu cukup menjadi masalah. HRD harus memproses dokumen spreadsheet dengan ribuan baris.
Dengan aplikasi absensi online, HRD dapat memantau kehadiran karyawan dengan mudah. Sistem sudah bekerja pada pencatatan kehadiran dan perhitungan gaji secara otomatis. Aplikasi ini akan membuat HRD bekerja lebih efisien.
3. Mudah untuk Memantau Jam Kerja Karyawan
Bekerja dari rumah menyulitkan HRD untuk memantau kinerja karyawan. Tidak ada yang tahu apakah karyawan itu sedang bekerja atau malah tidur siang. Memantau karyawan Anda dengan WhatsApp mungkin tidak efektif, karena memungkinkan adanya kesalahan dan ketidakakuratan dalam penerapannya.
Dengan aplikasi absensi online, Anda dapat dengan mudah memantau kehadiran karyawan Anda, dan melihat kejujuran dari dalamnya. Akan lebih mudah bagi Anda untuk memantau kehadiran karyawan dengan menggunakan sistem absen. Informasi lengkap seperti absen, lembur, dan cuti juga tersedia, hal ini akan membuat perusahaan semakin disiplin dan teratur.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: