BPS Babar Gelar Rapat Regsosek, Baiq : Minta Forkopimda Mendukung

BPS Babar Gelar Rapat Regsosek, Baiq : Minta Forkopimda Mendukung

--

BABELPOS.ID, MUNTOK - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka Barat menggelar rapat koordinasi pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) satu data perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat, di Hotel Pasadena, Kecamatan Muntok, Selasa (20/9/22).

Kegiatan ini diikuti Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming serta organisasi perangkat daerah dan kecamatan.

Koordinator Fungsi Statistik Sosial Provinsi Bangka Belitung, Harjo Teguh Ilmiana, mengatakan Regsosek adalah

salah satu bagian untuk mencapai satu data Indonesia, yang mana dalam data tersebut ada data kemiskinan, perlindungan sosial serta lain-lainnya.

"Variabel yang kita data ada meliputi demografi meliputi tentang kependudukan, kemduian juga ketenagakerjaan dan lapangan usaha, ada juga pendidikan, kesehatan juga ada tentang perumahan dan aset," ujar Harjo Teguh.

Harjo menyebutkan data itu juga bisa dipakai untuk seluruh institusi terkait dengan program-program yang akan dilaksanakan.

"Jadi nantinya kita akan mendata seluruh penduduk Indonesia, terkait dengan profil penduduknya, sehingga kedepan dengan profil yang kita miliki itu bisa dimanfaatkan atau bisa dipakai untuk seluruh institusi terkait dengan program-program yang akan dilaksanakan, termasuk didalamnya kemiskinan, ada perlindungan sosial lainnya, bantuan-bantuan dengan institusinya masing-masing," terangnya.

Terpisah itu, Kepala BPS Bangka Barat, Baiq Kurniawati, berharap agar semua masyarakat Bangka Barat terdata, dan jangan sampai ada satu orang pun yang terlewat dari pendataan ini.

"Untuk itu kami agendakan kegiatan yang sekarang ini untuk membangun kolaborasi dan kerja sama dari seluruh pihak," sebutnya.

Baiq juga meminta Forkopimda sampai jajarannya ke bawah untuk mendukung kegiatan ini, dengan tujuannya jangan sampai ada masyarakat yang terlewat.

"Karena ini 100 persen penduduk Akan didata, dari yang paling rendah pendapatannya sampai yang paling tinggi, jadi tidak ada yang terlewat. Bupati dan wabup juga akan kita data," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming, menyatakan siap mendukung BPS untuk melakukan pendataan, seandainya ada kendala di lapangan pihaknya akan ikut membantu.

"Nanti saya bersama pak Bupati akan turut membantu membuat beberapa hal inovasi di lapangan supaya Regsosek yang dicanangkan pak jokowi dengan BPS inj bisa terlaksana dengan baik dan benar," tuturnya

Wabup juga mengungkapkan dengan program ini, dirinya punya mimpi besar untuk Bangka Barat, karena untuk membangun atau membentuk apapun  dengan basis data.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: