Tingkatkan Mutu Pendidikan, Pelaksanaan ANBK di Bangka Tengah Mulai Berjalan

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Pelaksanaan ANBK di Bangka Tengah Mulai Berjalan

--

BABELPOS.ID, KOBA - Mewakili Bupati Bangka Tengah, Sugianto selaku Sekretaris Daerah Bangka Tengah melakukan kunjungan dan meninjau pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SMP Negeri 1 Koba, Kecamatan Koba, Senin (19/9/2022).

Sugianto mengatakan Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. 

"Pada Asesmen Nasional mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi dan karakter), kualitas proses belajar-mengajar, dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran," tutur Sugianto.

"Ada tiga instrument penilaian pada Asesmen Nasional, yakni: Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar," sambungnya.

Kata Sugianto, AKM yang diikuti oleh peserta didik bertujuan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif, sedangkan Survei Karakter, nantinya bukan hanya diikuti oleh peserta didik, namun juga diikuti oleh para guru untuk mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nilai (values) sebagai hasil belajar nonkognitif.

"Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajar di Tahun 2022," tuturnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Koba, Hana Meilani menuturkan pelaksanaan ANBK di sekolahnya akan berlangsung selama dua hari.

"Alhamdulilah ANBK ini akan dilaksanakan selama 2 hari yang diikuti oleh 45 siswa dan ditambah 5 siswa cadangan, karena takutnya ada yang sakit dan lainnya," ujar Hana kepada babelpos.id.

"Nah untuk 50 siswa ini dipilih acak oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemindikbud) Republik Indonesia," sambungnya.

Kata Hana, sejauh ini pelaksanaan ANBK di sekolahnya terpantau aman dan lancar, yang mana dengan pelaksanaan ANBK ini, ia berharap hasilnya dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

"Semoga ANBK ini berjalan lancar dan sukses, serta nantinya dapat menghasilkan informasi untuk memantau perkembangan mutu dari waktu ke waktu, serta bisa menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid," pungkasnya. (Sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: