98 Ribu Warga Babar Akan Tentukan Kades

98 Ribu Warga Babar Akan Tentukan Kades

--

BABELPOS.ID, MUNTOK - Diperkirakan sebanyak 98 ribu warga di 55 desa yang berpartisipasi Pemilihan Kades (Pilkades) Kabupaten Bangka Barat akan menentukan siapa kepala desa di wilayah desa masing-masing.

Hal tersebut sesuai dari data Daftar Pemilih Tetap (DPT) oleh  Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospemdes) Bangka Barat.

"Untuk tahapan pilkades sendiri jadi kemarin diawal September kemarin tiap-tiap desa sudah menetapkan DPT untuk Pilkades. Dari total pemutakhiran data dari DPS jadi DPT itu sudah ditetapkan kurang lebih 98.000 yang memiliki hak suara, dan totalnya ada 297 TPS," ungkap Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinsospemdes Bangka Barat Idza Fajri, di ruang kerjanya, Senin (12/9).

Namun Idza menyebutkan pihaknya akan menyiapkan 100.700 surat suara, guna mengatisipasi bila ada surat yang rusak ataupun kendala lainnya.

"Kita wajib melebihkan dari sejumlah mata pilih yang ada karena takut apabila ada kekurangan segala macam kendala teknis dilapangan mau tidak mau dilebihkan," ucapnya.

Untuk saat ini, Idza mengatakan pihaknya telah mencapai tahapan tender surat suara serta menyiapkan perlengkapan pendukung lainnya.

"Dari hasil DPT tersebut kita bisa melaksanakan pelaksanaan tender suara suara karena tender surat suara bisa dilakukan setelah kita tau berapa jumlah DPT," bebernya.

Sementara itu, untuk masa kampanye calon kepala desa hanya akan berlangsung tiga hari yakni pada 20-23 Oktober 2022 mendatang. 

"Sejauh ini sudah ditahapan pelaksanaan pengadaan alat pemilihan seperti surat suara. Kalau kampanye calon kades di tanggal 20-23 Oktober 2022, untuk pemilihannya tanggal 26 Oktober," tuturnya. (amd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: