Babel Dinilai Sukses Jadi Tuan Rumah DWG G20

Babel Dinilai Sukses Jadi Tuan Rumah DWG G20

Ilustrasi --

BABELPOS.ID, TANJUNGPANDAN - Development Working Group (DWG) G20 di Belitung mendapat nilai plus dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Menko Marves RI), Luhut Binsar Pandjaitan. Diketahui, Luhut terkesan dengan kesuksesan penyelenggaraan kegiatan internasional ini. Terlebih lagi, dukungan dari masyarakat sangat kentara dalam menyambut para delegasi yang hadir.

BACA JUGA:Pertemuan KTT Menteri G20 di Belitung, Yoga Nursiwan Ajak Masyarakat Berikan Kesan yang Baik

Hal ini diungkapkan oleh PJ Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin, Kamis (8/9). Menurut Ridwan, Menko Marves sempat bertanya perihal apa yang sudah dilakukan sehingga kegiatan berjalan dengan sukses.

BACA JUGA:PJ Gubernur Babel Apresiasi Kesiapan PLN Sukseskan Kegiatan G20 dan Resmikan SPKLU Pertama di Belitung

"Beliau sempat bertanya ke saya, apa yang kamu lakukan sehingga masyarakat ikut menjaga?" ucap Pj Gubernur menirukan pertanyaan Menko Marves kepada dirinya.

BACA JUGA:Personel TNI Jajaran Korem 045/Gaya Ikut Amankan Pelaksanaan G20 di Belitung

Menurut PJ Gubernur, kegiatan bertaraf internasional sudah seharusnya melibatkan masyarakat. Apalagi, hal ini sudah sangat ditunggu oleh masyarakat untuk menjadi tuan rumah yang baik selama gelaran G20 di Belitung.

BACA JUGA:Depan Delegasi G20 di Belitung, Pesawat N219 Dipamerkan

“Pak Luhut begitu terkesan, minimal dari Bandara sampai Sheraton itu dimata beliau sangat tertata rapi. Pujian itu tidak hanya disampaikan kepada saya tapi kepada para tamu-tamu lainnya,” urainya.

BACA JUGA:Pengamanan G20, Pemprov Tambah Rp2,5 M, 20 Bendera Berkibar di Bundaran Satam

Ridwan juga menguraikan kehadiran Menko Marves RI itu untuk mencari pendanaan ataupun Investasi yang sering disebut dengan Blanded Finance. Jika didefinisikan sebagai penggunaan strategis dari pembiayaan pembangunan dan dana filantropi untuk memobilisasi aliran modal swasta ke pasar negara berkembang dan perbatasan yang menghasilkan hasil positif bagi investor dan masyarakat. Singkatnya, Blended Finance merupakan strategi pembiayaan pembangunan serta dana filantropi untuk menggerakkan modal swasta ke pasar negara tanpa terlalu bergantung pada APBN.

“Dimana hal ini nanti untuk kegiatan pembangunan berkelanjutan,” imbuhnya.

BACA JUGA:22 Negara Siap Hadir di DWG G20 Belitung

Dalam kegiatan ini juga seluruh Delegasi Development Working Group (DWG) G20 merasa begitu takjub dengan panorama pariwisata yang ada di Kabupaten Belitung, khususnya wisata pantai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: