Miris, Miniatur Ka'bah di Kawasan Pemda Bateng Terbengkalai dan Dipenuhi Rumput Liar

Miris, Miniatur Ka'bah di Kawasan Pemda Bateng Terbengkalai dan Dipenuhi Rumput Liar

--

BABELPOS.ID, KOBA - Kondisi miniatur ka'bah yang berada di kawasan komplek pemerintahan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) nampak terbengkalai, ditandai dengan semak belukar dan rumput ilalang yang menjulang tinggi, sehingga tidak memungkinkan untuk dimanfaatkan sebagai kegiatan manasik haji dan lain sejenisnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bangka Tengah, M. Karyawan mengaku sangat menyayangkan hal tersebut. Pasalnya, saat ini aktivitas pelaksanaan ibadah haji dan umroh sudah mulai normal kembali.

"Itukan aset punya Pemda, maka dari itu sayang sekali jika tidak dimanfaatkan," ujar Karyawan saat ditemui babelpos.id pada Kamis (2/9/2022) di ruang kerjanya.

"Padahal pada pelaksanaan ibadah haji lalu, kita sudah berencana untuk melakukan manasik haji dan kegiatan-kegiatan lainnya di miniatur ka'bah tersebut. Namun, melihat kondisinya yang penuh dengan semak belukar, kita akhirnya menggelar manasik haji menggunakan miniatur ka'bah yang dibuat sendiri menggunakan barang-barang seadanya," sambungnya.

Menurutnya, perawatan miniatur ka'bah tersebut tidaklah susah, cukup dibersihkan saja rumputnya, karena sangat tidak etis dan tidak enak dipandang mata, jika ada miniatur ka'bah yang seolah-olah berada di tengah hutan.

"Kami juga sebelumnya sudah pernah menyampaikan ini ke pihak Pemkab Bateng, soalnya sayang karena bangunannya masih bagus," ucapnya.

Terpisah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bangka Tengah, Cherlini megungkapkan bahwa yang bertanggung jawab merawat dan memelihara aset miniatur ka'bah tersebut adalah OPD teknis.

"OPD teknis, bentar dicek dulu. Kalau enggak salah bukan Kesra," ucapnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: