Tolak Aktivitas Tambang Inveksional, Empat Desa di Tempilang Datangi Balai Pertemuan

Tolak Aktivitas Tambang Inveksional, Empat Desa di Tempilang Datangi Balai Pertemuan

--

BABELPOS.ID, TEMPILANG - Menyampaikan aspirasi terkait aktifitas Tambang Inveksional (TI) pasir Timah jenis, Rajuk, Selam dan Mini di perairan laut TEMPILANG, ratusan warga datangi Balai Pertemuan, Desa Air Lintang, Kecamatan TEMPILANG, kabupaten Bangka Barat, Rabu (24/8/2022) kemarin.

Ratusan warga tersebut terdiri dari gabungan 4 desa di Kecamatan Tempilang yang  merupakan  perwakilan dari nelayan, tokoh masyarakat.

Dalam pertemuan dihadiri oleh Camat Tempilang, Kapolsek Tempilang, Pj.kades Tempilang serta masyarakat.

Camat Tempilang Rusian, mengatakan sejumlah warga yang melakukan pertemuan, untuk mendesak agar tidak ada lagi aktifitas Tambang Inveksional di sepanjang laut Kecamatan Tempilang.

"Mereka itu intinya mendesak agar tidak ada lagi aktifitas Tambang In di sepanjang laut Kecamatan Tempilang, baik PIP, TI mini, Rajuk. Dari Tanjung Niur, sampai Pasir Kuning," ungkap Rusian, saat dikonfirmasi, Kamis (25/8).

Camat juga menyebutkan warga yang menyampaikan aspirasi yakni perwakilan yang tak sejutu adanya aktivitas Tambang Inveksional di Kecamatan Tempilang.

"Enggak juga kemarin itu hanya perwakilan saja , mereka ini sepertinya ada dua kubu , kemarin iti kubu kontra yang setuju itu sebagian besar di Tanjung Niur jadi mereka yang PIP itu rencana dengan kemitraan PT Timah itu, dan sudah melakukan sosialisasi jadi rencana di Tanjung Niur," bebernya.

Menurutnya warga yang menolak aktifitas TI itu, karena mereka berpijak tragedi 2017.

"Karena ada insiden mereka akhirnya ada kesepakatan unsur Forkopimcam dan dalam surat kesepakatan itu mereka menolak selama-lamanya aktifitas Tambang di daerah tersebut," ucap Rusian.

Dinyatakan Rusian,  aspirasi yang disampaikan oleh warganya, akan diteruskan kepada Bupati Bangka Barat.

"Kita sudah menampung  aspirasi  keinginan warga dari empat desa tersebut, tentunya selaku camat pimpinan Kecamatan Tempilang, akan  berkordinasi menyampaikan meneruskan ke pimpinan di kabupaten," tuturnya.

Sementara itu Kapolsek Tempilang Iptu A.Mukhlis, mengatakan akan mencari solusi aspirasi masyarakat dan mengajak warga menjaga kondusifitas di daerah Tempilang.

"Kami dari kepolisian akan senantiasa menampung dan memberi solusi terhadap segala aspirasi dan keinginan masyarakat yang bernilai positif.

Mari bersama sama kita ciptakan situasi kondusif diwilayah kecamatan Tempilang ini dengan tidak melakukan tindakan tindakan yang dapat menimbulkan," pungkasnya. (amd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: