Jamaah Haji Babel Berangkat ke Arafah

Jamaah Haji Babel Berangkat ke Arafah

MAKKAH - Jamaah haji asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Palembang yang tergabung dalam PLM 05 pada hari Kamis (7/7) akan diberangkatkan ke Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

Demikian diungkapkan oleh H. Sopian, S.Ag selaku Tim Pemandu Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) Kloter 05 PLM ketika melakukan pertemuan dengan Ketua Rombongan, Ketua Regu, dan seluruh jamaah haji di Hotel tempat pemondokkan 304.

"Pada tanggal 7 Juli 2022, jamaah haji kita yang berasal dari Bangka Belitung dan Palembang yang tergabung dalam Kloter 05 PLM akan diberangkatkan ke Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna) dan teknis pemberangkatannya perkloter. Sehingga diharapkan kepada seluruh jamaah untuk tidak melakukan aktifitas lagi khususnya di luar hotel," ungkapnya.

Sopian juga menjelaskan, kepada ketua rombongan agar menyampaikan kepada jamaah yang tergabung dalam setiap rombangan untuk tidak kemana-mana lagi. Jamaah harus sudah siap-siap dan tidak ada lagi jamaah yang terpisah dari rombangannya.

"Kepada setiap ketua rombangan untuk dapat memperhatikan jamaahnya dan jangan ada lagi jamaah yang terpisah dari rombongannya karena dalam pemberangkatan ke Armuzna sudah ditetapkan waktunya," jelas Sopian didampingi Susanto selaku TPHI Kloter PLM 05.

Diharapkannya juga, kepada seluruh jamaah ketika menjelang Armuzna sudah siap-siap dengan pakaian ihromnya dan nantinya juga ketika keluar dari kamar hotel sudah berniat untuk berhaji.

"Untuk pemondokan sendiri khususnya di Armuzna sudah disiapkan oleh pemerintah dan dilengkapi dengan AC dan kamar kecil. Sehingga diharapkan kepada jamaah tidak lagi membawa tikar atau ambal lagi dari hotel karena disetiap pemondokan sudah disiapkan semua. Dan tenda sendiri untuk tahun ini ada 5 tenda yang sudah disiapkan oleh pemerintah," kata Sopian.

Sopian juga mengimbau kepada semua jamaah untuk tidak usah lagi membawa makanan dan minuman dari hotel menuju ke Arafah, karena pemerintah sudah menyediakan makanan dan minuman bagi jamaah haji. Begitu juga untuk transportasi sudah disiapkan bagi jamaah dan akan menurunkan semua jamaah di depan pemondokkan sehingga jamaah jangan khawatir lagi mengenai transportasi bagi jamaah untuk di Arafah.

Sementara itu, Susanto Selaku TPHI Kloter PLM 05 menambahkan tempat pakaian jamaah ditempatkan dalam koper tentengan. Dan diharapkan kepada jamaah kalau bisa membawa dua perangkat kain ihram sehingga nantinya bisa untuk pengganti.

"ketika Armuzna jamaah kita hanya bawa pakaian yang ditempatkan dalam koper tentengan dan yang terpenting kain ihram harus membawa dua kain ihram," katanya. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: