Jelang Iduladha, Pj Gubernur Minta Masyarakat Jangan Borong Sembako

Jelang Iduladha, Pj Gubernur Minta Masyarakat Jangan Borong Sembako

PANGKALPINANG – Pj.Gubernur Babel Ridwan Djamaludin mengaku bahwa dampak secara sikologis menjelang Hari Raya Iduladha 1443 H, mulai ikut mendorong daya ungkit ekonomi masyarakat khususnya juga harga kebutuhan pokok masyarakat mulai kembali naik.

Hal ini disampaikan oleh RD usai melepas keberangkataan jamaah haji Babel tahun 1443/2022 kloter 4 di Gedung Serba Guna Embarkasi Haji Antara Babel, Selasa (28/06/2022).

Oleh karena ia menghimbau kepada masyarakat untuk berbelanja seperlunya, jangan panic buying. Karena kalau Iduladha ini, hakekatnya bukan untuk belanja atau foya-foya, tetapi justeru harus lebih banyak mensyukuri atas semua yang sudah diberikan oleh Yang Maha Kuasa kepada kita sampai sekarang ini.

Termasuk juga untuk perihal penanganan Penyakit Mata dan Kuku (PMK) pada hewan ternak kambing dan sapi, RD juga mengaku pihak Pemprov Babel juga terus mendorong dan bekerja sama dengan berbagai pihak terkait seperti Dinas Pertanian, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Babel dan lainnya. Hal ini dilakukan agar PMK di Babel agar tidak terus bertambah.

Pihaknya juga mengaku sudah mendata antara kebutuhan sapi dan kambing, dan hasilnya menujukan bahwa untuk kebutuhan permintaan dan ketersediaan daging hewan yang sehat di Babel sudah tercukupi. Meskipun memang masih ada hewan yang sakit, tetapi 85 persennya sudah sembuh.

“Insyallah aman. Karena pemberian dosis vaskin bagi hewan-hewan sapi maupun kambing yang sehat juga terus kita lakukan dan berkoordinasi dengan dinas pertanian dan lembaga terkait lainnya. Vaksin ini, sebagai upaya membangun kekebalan tubuh hewan khususnya sapi maupun kambing di Babel, supaya ketersediaan hewan kurban di Hari Raya Iduladha 1443 juga aman tercukupi,” harapnya. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: