PKK Kabupaten Bangka Dukung PKK Sungailiat Untuk Sukseskan IVA Tes

PKK Kabupaten Bangka Dukung PKK Sungailiat Untuk Sukseskan IVA Tes

*Program Inovasi Lewat Subsidi Produk Pokok Stiker IVA Tes --

SUNGAILIAT - Mencegah kanker serviks sejak dini, Tim Penggerak PKK Kecamatan Sungailiat melakukan inovasi lewat program pemeriksaan gratis kanker serviks bagi perempuan. Upaya menarik kaum perempuan untuk memeriksakan diri dengan menyebar stiker ajakan yang ditempel pada produk kebutuhan pokok berdiskon di sejumlah toko Sungailiat.

Kaum perempuan khususnya di Kecamatan Sungailiat diajak tergugah untuk hidup sehat yang mana pemeriksaan kanker serviks dianggap penting. Sebab kanker serviks sebagian satu dari sekian banyak jenis kanker yang kerap menyerang wanita.

Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sungailiat, Wiwid Sri Widayanti, mengatakan, inovasi dilakukan untuk mengatasi kanker serviks dengan melakukan deteksi sejak dini agar peluang kesembuhan kanker serviks dapat meningkat. Salah satunya adalah dengan melakukan IVA tes alias pemeriksaan IVA.

Program dengan memberi subsidi pada pembelian minyak goreng, gula dan produk kebutuhan pokok di sejumlah toko mitra Tim Penggerak PKK Kecamatan Sungailiat diharap meningkatkan capaian tes IVA. Cara PKK Sungailiat memberi subsidi misalkan harga gula pasir Rp13 ribu/kg disubsidi sekitar Rp5ribu pada produk bahan pokok dengan stiker IVA tes.

\"Produk yang kami tempeli stiker kami subsidi yang tidak merugikan pihak toko dan bagi ibu-ibu dapat untung. Nah, dalam stiker itu ada informasi IVA tes yang penting, dan mereka (ibu-ibu) bisa belajar di situ,\" sebut Wiwid Sri Widayanti kepada Babel Pos, Rabu (16/2).

Diharap setelah mendapatkan informasi dari stiker yang ditempel di minyak goreng, gula dan lainnya masyarakat tergugah untuk memeriksakan diri lebih lanjut ke bidan terdekat. Nantinya pihak bidan yang ditemui akan menjelaskan lebih detail tentang kanker serviks dan IVA tes. Pemeriksaan IVA tes pun tidak dikenai biaya alias gratis.

\"Tes nanti juga akan mendapat souvenir dari ibu bupati selaku Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka. Jadi kita harap ini akan lebih memberi semangat ibu-ibu untuk IVA tes,\" ujarnya.

Selanjutnya Tim Penggerak PKK Kecamatan Sungailiat sebagai perpanjangan tangan PKK Kabupaten Bangka di Sungailiat berusaha menyukseskan capaian IVA tes. Pelibatan sosialisasi IVA tes lewat produk kebutuhan pokok di toko-toko akan dilakukan di setiap kelurahan dan desa Kecamatan Sungailiat.

\"Minimal setiap desa kelurahan di Sungailiat ada dua atau tiga toko yang seperti ini. Sementara ini kita sampling dulu,\" ujarnya.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Yusmiati Mulkan menuturkan, program Tim penggerak PKK Kecamatan Sungailiat selaras dengan program PKK Kabupaten Bangka. Pelaksanaan IVA tes memang diwajibkan untuk dilaksanakan yang juga dilakukan oleh PKK kecamatan lainnya di Kabupaten Bangka. IVA tes bekerjasama ke berbagai pihak seperti puskesmas dan bidan.

\"Jadi untuk PKK Kecamatan Sungailiat ini istilahnya inovasi terbaru dengan mengadakan pemasangan stiker. Dengan kata lain diskon untuk produk barang ini. Ini (IVA tes) sangat penting sekali karena kanker serviks berbahaya untuk wanita, jadi memang harus dilakukan IVA tes,\" sebut Yusmiati Mulkan.

Ia berharap seluruh kaum perempuan di Kabupaten Bangka khususnya usia produktif melaksanakan IVA tes. Sehingga akan mencegah resiko kematian dari kanker serviks.

Tampak dalam pengecekan program inovasi IVA tes Tim Penggerak PKK Kecamatan Sungailiat dilakukan dengan mendatangi toko mitra PKK Sungailiat. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sungailiat dan Camat Sungailiat, Ramzi mengecek langsung stiker yang ditempeli pada gula dan minyak goreng di beberapa toko Simpang Pelabuhan Kelurahan Sungailiat. Pihak toko mitra PKK Kecamatan Sungailiat menyatakan mendukung program IVA tes dan siap mendukung sosialisasi IVA tes ke kaum perempuan yang membeli produk berstiker IVA tes. (trh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: